Simanungkalit, Erwinsyah (2021) Pengembangan Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi Pemrograman Web pada Pendidikan Vokasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_ERWINSYAH_SIMANUNGKALIT_17193037_364_2022.pdf [thumbnail of B1_8_ERWINSYAH_SIMANUNGKALIT_17193037_364_2022.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_ERWINSYAH_SIMANUNGKALIT_17193037_364_2022.pdf
Download (896kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan produk model uji kompetensi
dan sertifikasi skema pemrograman web junior. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa/i dan dosen Jurusan Komputer dan Informatika Politeknik Negeri
Medan, sedangkan ahli dalam FGD terdiri staf pengajar dari Universitas Negeri
Padang, Praktisi Teknologi Informasi serta Asesor BNSP.
Keluaran penelitian diharapkan berupa produk model uji kompetensi dan
sertifikasi skema pemrograman web. Model uji ini diharapkan manjadi acuan
sertifikasi kompetensi keahlian secara baik secara internal maupun eksternal.
Model ini diharapkan dapat membantu pendidik dan asesor dalam
mengidentifikasi dan memberikan penilaian yang objektif terhadap kemampuan
pemrograman web pada uji tulis, uji observasi (prakek), dan uji lisan
(wawancara).
Pengembangan model uji kompetensi dan sertifikasi ini dilakukan dengan
menggunakan model Researeh and Development (R&D) menggunakan model
dengan tahapan sebagai berikut: 1) Tahap Pengumpulan Data, 2) Tahap
Perencanaan dan Desain Produk , 3) Tahap Pengembangan, 4) Tahap Validasi dan
Uji Coba. Pengumpulan data menggunakan data primer, alasannya karena
didapatkan langsung dari subjek penelitian seperti para ahli (expert), asesor dan
peserta. Subyek penelitian adalah peserta, pengajar dan asesor yang diambil dari
Politeknik Negeri Medan, ketiga unsur tersebut dilibatkan dalam kegiatan
pengembangan model uji, yakni kegiatan uji coba produk, uji coba kelompok
kecil, dan uji coba lapangan. Pengujian akan dilakukan pada Jurusan Teknik dan
Informatika, Program Studi Manajemen Informatika dan Computer Engineering,
Politeknik Negeri Medan. Validasi instrumen melalui proses pertimbangan ahli
(expert judgement) dan uji coba. Instrumen perangkat uji dianalisis validitas dan
reliabilitasnya dengan menggunakan Aiken V. Analisis diarahkan untuk
menjawab pertanyaan-pertanyaan penelitian menggunakan kriteria valid, praktis,
dan efektif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang
signifikan antara kelas eksperimen yang mendapat perlakuan model uji
kompetensi dengan kelas kontrol yang tidak mendapatkan perlakuan sama sekali.
Hal ini sejalan dengan hasil yang diperoleh selama masa pelatihan.
Kata Kunci: Model Uji Kompetensi dan Sertifikasi, Pemrograman Web,
Pelatihan.
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Uji Kompetensi Sertifikasi Pemrograman |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:53 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:53 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9557 |