Erdisna, Erdisna (2020) Pengembangan Model Pembelajaran Entrepreneur Digital di Era Revolusi Industri 4.0 pada Mata Kuliah Analisis Perancangan Sistem Informasi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_8_ERDISNA_15193037_4464_2021.pdf [thumbnail of B1_8_ERDISNA_15193037_4464_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_8_ERDISNA_15193037_4464_2021.pdf
Download (470kB)
Abstract
Permasalahan belum optimalnya hasil belajar mata kuliah APSI karena
rendahnya keterpakaian produk aplikasi (website) hasil rancangan mahasiswa, dan
kebutuhan dalam melatihkan kemampuan literasi baru era revolusi industri 4.0
melalui kegiatan Entrepreneur Digital. Penelitian ini bertujuan untuk
mengembangkan model pembelajaran Entrepreneur Digital di Era Revolusi
Industri 4.0 pada Mata Kuliah Analisis Perancangan Sistem Informasi (APSI)
beserta dengan perangkat model sebagai sistem pendukung. Penelitin ini adalah
penelitian dan pengembangan (R&D) menggunakan desain pengembangan Four
D’s dengan tahapan define, design, develop, dan disseminate.
Sumber data analisis validitas adalah 5 orang pakar, praktikalitas diperoleh
dari hasil penerapan model oleh 5 orang dosen mata kuliah APSI di UPI YPTK
Padang mahasiswa pada kelompok eksperimen, sumber data analisis efektivitas
adalah mahasiswa kelompok kontrol dan eksperimen masing-masing 25 orang.
Analisis data validitas menggunakan rumus Aiken V, praktikalitas menggunakan
teknik persentase dan efektivitas uji hipotesis menggunakan independent sample t
test dan penilaian selisih skor kedua kelompok.
Hasil penelitian ini adalah sebuah model pembelajaran untuk matakuliah APSI
dengan proses pengembangan: 1) Fase define analisis kebutuhan pada pembelajaran
APSI 82% berkategori tinggi, 2) Fase design telah dirancang model pembelajaran
dan sistem pendukung melalui tahapan perancangan, FGD, dan revisi, 3) Develop
adalah fase melakukan pengujian validitas membuktikan seluruh produk telah
memiliki skor rata-rata > 0.677, praktikalitas oleh mahasiswa 82% dan oleh dosen
observer 85%, efektivitas melalui penerapan model pembelajaran pada kelompok
eksperimen dan membandingkan dengan kelompok kontrol dengan hasil bahwa
teredapat perbedaan bermakna pada hasil belajar kedua kelompok dan kelompok
eksperimen memiliki hasil belajar yang lebih baik, hal ini berarti bahwa produk
telah efektiv dalam optimalisasi hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotor, 4)
Disseminate atau fase penyebarluasan hasil penelitian terbatas pada kelompok
eksperimen sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menjadi acuan dalam
mengembangkan model pembelajaran lain dalam pendidikan vokasi dan kejuruan.
Kata kunci: Research and Development, Model Pembelajaran, Entrepreneur
Digital, Analisis Perancangan Sistem Informasi
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Entrepreneur Digital Revolusi Industri |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:48 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9539 |