Khatimah, Winner Isnainil (2014) Pengembangan Materi Ajar Sistem Peredaran Darah untuk SMA Berbasis Edmodo. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_WINNER_ISNAIL_KHATIMAH_18381_3252_2014.pdf [thumbnail of B1_3_WINNER_ISNAIL_KHATIMAH_18381_3252_2014.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_WINNER_ISNAIL_KHATIMAH_18381_3252_2014.pdf
Download (7MB)
Abstract
Banyak hal yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan motivasi siswa dalam belajar, salah satunya menggabungkan penggunaan materi ajar dengan internet yang digemari siswa. Penggunaan materi ajar berbasis Edmodo diharapkan dapat mengubah proses belajar teacher centered learning menjadi student centered learning sehingga siswa lebih aktif dalam mempelajari biologi. Siswa sebagai subjek belajar dituntut terampil dalam memperoleh dan mengolah informasi melalui proses sains sehingga siswa dengan tepat dapat memperoleh produk sains yang merupakan materi biologi. Berdasarkan wawancara penulis dengan guru biologi SMAN 1 Batusangkar belum ada materi ajar yang penggunaannya digabungkan dengan internet, khususnya Edmodo. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang bertujuan menghasilkan materi ajar sistem peredaran darah untuk SMA berbasis Edmodo yang valid dan praktis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan empat tahap dari lima tahapan model pengembangan Plomp, yang terdiri dari fase investigasi awal (preliminary investigation), fase desain (design), fase realisasi/konstruksi (realization/construction), fase tes, evaluasi dan revisi (test, evaluation and revision) dan fase implementasi (implementation). Subjek penelitian ini terdiri dari 5 orang validator untuk uji validitas, serta 1 orang guru biologi dan 20 orang siswa kelas XI SMAN 1 Batusangkar untuk uji praktikalitas. Data penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari angket validitas dan praktikalitas yang dianalisis secara deskriptif. Materi ajar sistem peredaran darah untuk SMA berbasis Edmodo merupakan produk yang telah divalidasi oleh validator dengan nilai rata-rata 82.08% dari aspek kelayakan isi, kebahasaan, penyajian, maupun aspek kegrafikan, sehingga dikategorikan valid. Materi ajar ini juga memperoleh nilai rata-rata 87.50% dan 87.29% dari guru dan siswa. Nilai rata-rata ini menunjukkan kategori praktis untuk materi ajar sistem peredaran darah berbasis Edmodo yang dihasilkan. Nilai ini ditinjau dari beberapa aspek, yaitu kemudahan dalam memahami materi, kemudahan untuk digunakan sewaktu-waktu, kemudahan untuk diakses, pengulangan penggunaan, kemudahan dalam penggunaan, serta kemampuan media dalam menggantikan peranan guru. Jadi, dapat disimpulkan telah dihasilkan materi ajar sistem peredaran darah untuk SMA berbasis Edmodo yang valid dan praktis.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem Peredaran Darah, Edmodo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:48 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9538 |