Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Tebak Angka bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB N Manggis Ganting Bukittinggi: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D I C

Partini, Partini (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Tebak Angka bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB N Manggis Ganting Bukittinggi: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D I C. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_PARTINI_58465_4402_2012.pdf] Text
B1_2_PARTINI_58465_4402_2012.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini diawali dengan adanya masalah yakni belum mampunya anak tunagrahita kelas D I C SDLB menguasai pembelajaran matematika khusunya mengenai mengenal angka. Oleh sebab itu pada penelitian ini peneliti menggunakan permainan tebak angka untuk meningkatkan kemampuan anak
tunagrahita dalam mengenal angka 1-10. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk
kolaborasi dengan teman sejawat atau guru kelas. Subjek penelitian yaitu kelas D I C SDLB, tiga orang anak tunagrahita (Fd, Sv, Pt). Penelitian ini dilaksanakan
dengan menggunakan dua siklus. Siklus I dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dan siklus II dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui permainan tebak angka dapat meningkatkan kemampuan anak yang mana di dapat hasil akhir dalam hal
menyebutkan, menunjukkan, dan menuliskan angka 1-10 sudah mencapai keberhasilan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tebak angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal
angka 1-10, maka disarankan kepada guru agar menerapkan permainan tebak angka sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk mengenal angka.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 15:47
Last Modified: 01 May 2025 15:48
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9537

Actions (login required)

View Item
View Item