Partini, Partini (2012) Meningkatkan Kemampuan Mengenal Angka Melalui Permainan Tebak Angka bagi Anak Tunagrahita Ringan di SDLB N Manggis Ganting Bukittinggi: Penelitian Tindakan Kelas di Kelas D I C. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_PARTINI_58465_4402_2012.pdf [thumbnail of B1_2_PARTINI_58465_4402_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_PARTINI_58465_4402_2012.pdf
Download (7MB)
Abstract
Penelitian ini diawali dengan adanya masalah yakni belum mampunya anak tunagrahita kelas D I C SDLB menguasai pembelajaran matematika khusunya mengenai mengenal angka. Oleh sebab itu pada penelitian ini peneliti menggunakan permainan tebak angka untuk meningkatkan kemampuan anak
tunagrahita dalam mengenal angka 1-10. Jenis penelitian ini adalah tindakan kelas yang dilakukan dalam bentuk
kolaborasi dengan teman sejawat atau guru kelas. Subjek penelitian yaitu kelas D I C SDLB, tiga orang anak tunagrahita (Fd, Sv, Pt). Penelitian ini dilaksanakan
dengan menggunakan dua siklus. Siklus I dilakukan sebanyak empat kali pertemuan dan siklus II dilakukan sebanyak empat kali pertemuan. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran meningkatkan kemampuan mengenal angka 1-10 melalui permainan tebak angka dapat meningkatkan kemampuan anak yang mana di dapat hasil akhir dalam hal
menyebutkan, menunjukkan, dan menuliskan angka 1-10 sudah mencapai keberhasilan 100%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui permainan tebak angka dapat meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal
angka 1-10, maka disarankan kepada guru agar menerapkan permainan tebak angka sebagai salah satu media yang dapat digunakan untuk mengenal angka.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Sri Yulianti S.IP |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:47 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:48 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9537 |