Murti, Bahayu Ari (2017) Pengaruh Multimedia Pembelajaran Menggunakan Aplikasi Prezi Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_BAHAYU_ARI_MURTI_54095_1604_2017.pdf [thumbnail of B1_03_BAHAYU_ARI_MURTI_54095_1604_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_BAHAYU_ARI_MURTI_54095_1604_2017.pdf
Download (8MB)
Abstract
Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah tentang kurangnya ketertarikan siswa dan rendahnya hasil belajar siswa dalam mengikuti pembelajaran IPA dengan nilai rata-rata siswa 65 sedangkan KKM 70, yang menuntut guru mencari berbagai strategi dan media pembelajaran yang tepat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, salah satu diantaranya adalah multimedia prezi. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan pada penggunaan multimedia prezi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII SMPN 3 Kecamatan Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat Quasy Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 6 kelas yang berjumlah 163 orang, dengan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII2 (kelompok eksperimen) dan siswa kelas VIII1 (kelampok kontrol) masing-masing berjumlah 26 orang. Sebelum data dianalisis terlebih dahulu dilakukan uji normalitas dan homogenitas sebagai syarat untuk melakukan uji perbedaan rata-rata dengan menggunakan t- test. Hasil penelitian didapat nilai rata-rata yang menggunakan multimedia prezi adalah 80,38 dengan SD 9,89, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional yakni 70,19 dengan SD 8,18. Bedasarkan perhitungan uji t-test diperoleh thitung 3,98 dengan taraf signifikan α = 0,05, dengan ttabel 1,6759. Dengan demikian thitung > ttabel, yaitu 3,98 > 1,6759, hal ini berati terdapat pengaruh pengaruh multimedia pembelajran dengan menggunakan aplikasi prezi dibandingkan dengan hasil belajar siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional pada mata pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aplikasi prezi |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:47 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:47 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9536 |