Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Narasi Berbasis Media Bagan Pohon di Kelas V Sekolah Dasar

Nurjani, Nurjani (2017) Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menulis Narasi Berbasis Media Bagan Pohon di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_NURJANI_15124045_914_2017.pdf] Text
B1_01_NURJANI_15124045_914_2017.pdf

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peserta didik kesulitan mengembangkan gagasan untuk menjadikan sebuah tulisan yang utuh dan padu. Untuk itu, diperlukan pengembangan perangkat pembelajaran yang dapat membantu peserta didik dalam menulis narasi dengan tahapan menulis. Pada penelitian ini dikembangkan perangkat pembelajaran menulis narasi berbasis media bagan pohon yang diharapkan dapat mencapai sasaran tersebut. Tujuan yang hendak dicapai yaitu menghasilkan perangkat pembelajaran menulis narasi berbasis media bagan pohon yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan. Model yang digunakan adalah model ADDIE. Data penelitian ini dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi perangkat pembelajaran. Data kepraktisan dikumpul melalui lembar observasi keterlaksanaan RPP, angket respon guru dan peserta didik.
Keefektifan dilihat dari aktivitas dan penilaian keterampilan menulis narasi peserta didik. Berdasarkan validasi silabus oleh validator ahli diperoleh hasil 86.38%
dengan kategori sangat valid, validator praktisi diperoleh hasil 93.62% dengan kategori sangat valid. Validasi RPP oleh validator ahli diperoleh hasil 92.6% dengan kategori sangat valid, validator praktisi diperoleh hasil 92.8% dengan
kategori sangat valid. Validasi bahan ajar oleh validator ahli diperoleh hasil 92% dengan kategori sangat valid, validator praktisi 93% dengan kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas dari keterlaksanaan RPP diperoleh hasil 92.9% dengan kategori sangat praktis. Hasil respon guru 93.3% dengan kategori sangat praktis. Hasil respon peserta didik 92.90% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya
dilihat dari aktivitas peserta didik, penilaian proses menulis narasi, dan penilaian hasil menulis narasi, perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat dikatakan efektif dalam penggunaannya ketika dalam proses pembelajaran. Berdasarkan jabaran di atas, dapat disimpulkan perangkat pembelajaran menulis narasi berbasis media bagan pohon untuk kelas V Sekolah Dasar yang dikembangkan dapat
dinyatakan valid, praktis dan efektif. Hal ini dikarena perangkat pembelajaran sudah sesuai dengan tahapan menulis, yaitu pramenulis, saat menulis dan pascamenulis. Kemudian peserta didik sudah mampu mengikuti pembelajaran dengan mengikuti tahapan proses menulis sehingga berdampak positif terhadap hasil menulis peserta didik.

Item Type: Thesis (Masters/Tesis)
Uncontrolled Keywords: Menulis Narasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2
Depositing User: Nurismen Nurismen S.Sos
Date Deposited: 01 May 2025 15:46
Last Modified: 01 May 2025 15:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9533

Actions (login required)

View Item
View Item