Pengembangan Model LEONI (Learning, Online, Innovation) pada Edukasi Kesehatan Diabetes

Leonita, Emy (2021) Pengembangan Model LEONI (Learning, Online, Innovation) pada Edukasi Kesehatan Diabetes. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_EMY_LEONITA_17193036_3715_2021.pdf] Text
B1_8_EMY_LEONITA_17193036_3715_2021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peringkat ke-7 untuk jumlah penderita diabetes terbanyak di dunia ditempati
oleh Indonesia. Salah satu upaya yang sedang dikembangkan dalam pencegahan
dan penanggulangan diabetes adalah edukasi kesehatan berbasis online. Tujuan
dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan model edukasi kesehatan
berbasis online yang valid, praktis, dan efektif pada kasus diabetes. Research and
Development (R&D) adalah jenis penelitian yang digunakan dengan tahap
pengembangan Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation
(ADDIE).
Tahapan pada penelitian antara lain: analisis kebutuhan, desain produk,
validasi pakar dan perbaikan produk, uji coba terbatas dan luas. Sampel penelitian
adalah masyarakat diabetesi berjumlah 70 orang. Data yang dikumpulkan adalah
sebagai berikut: 1) efektifitas model dengan uji peningkatan pengetahuan setelah
intervensi, dengan kuesioner tervalidasi yang kemudian di uji dengan uji N-Gain
score, 2) tingkat kepedulian pemanfaatan model LEONI dengan kuesioner CBAM
Stage of Concern (SoC), 3) tingkat penggunaan model LEONI dengan panduan
wawancara CBAM Level of Use (LoU).
Model edukasi kesehatan pada diabetes dengan nama Model LEONI
(Learning, Online, Innovation) dengan sintak 5P (persiapan, promosi,
penyuluhan, produksi dan penilaian). Model LEONI dinyatakan valid dan praktis.
Hasil analisis N-Gain menyatakan peningkatan pengetahuan responden dengan
nilai (0,317), sedangkan analisis Concern Based Adoption Model (CBAM)-SoC
menunjukkan responden pada level unconcerned untuk pretest dan sedangkan
posttest naik pada level personal. Analisis CBAM-LoU menunjukkan mayoritas
responden pada tingkat IVB yaitu sebagai pengguna tetap dan berencana untuk
terus menggunakan model LEONI dengan mempelajari lebih lanjut tentang
kegiatan edukasi kesehatan diabetes. Penelitian ini dapat direkomendasi sebagai
alternatif upaya edukasi kesehatan pada penyakit lainnya dengan mengadopsi
penilaian model CBAM.
Kata kunci: Model LEONI, Edukasi Kesehatan, Diabetes, CBAM

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model LEONI Edukasi Kesehatan
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 15:46
Last Modified: 01 May 2025 15:46
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9528

Actions (login required)

View Item
View Item