Teaching Speaking of Narrative Text by Using Story Boxes as Media to Junior High School Students

Widya, Prima (2011) Teaching Speaking of Narrative Text by Using Story Boxes as Media to Junior High School Students. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_PRIMA_WIDYA_72713_1863_2011.pdf] Text
B1_PRIMA_WIDYA_72713_1863_2011.pdf

Download (842kB)

Abstract

Berbicara (speaking) merupakan salah satu keterampilan bahasa yang harus dimiliki dan dikuasai oleh siswa disamping keterampilan bahasa lainnya seperti mendengar (listening), membaca (reading), dan menulis (writing). Dalam aplikasinya, banyak siswa mengalami kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris. Ada beberapa faktor yang menyebabkan siswa mengalami kesulitan berbicara dalam bahasa Inggris. Pertama, siswa mengalami kesulitan karena kurangnya kosakata yang mereka miliki sehingga mereka tidak mengetahui apa yang akan mereka sampaikan. Selanjutnya, dalam pengajaran berbicara guru tidak menggunakan media yang dapat mendukung kegiatan belajar mengajar. Hal ini menyebabkan siswa tidak tertarik terhadap pelajaran yang diberikan oleh guru. Faktor terakhir, guru tidak menggunakan teknik pengajaran yang sesuai dan menarik perhatian siswa dalam pelajaran bahasa Inggris khususnya keterampilan berbicara. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, guru dapat menggunakan media. Salah satu media yang dapat digunakan guru dalam pengajaran berbicara untuk siswa menengah pertama khususnya siswa kelas VIII adalah story boxes. Pada makalah ini penulis membahas tentang penerapan story boxes sebagai salah satu media yang dapat digunakan dalam pengajaran keterampilan berbicara narrative text. Dalam aplikasinya di kelas, guru mengambil salah satu real objek yang ada di dalam story boxes untuk mengarahkan siswa kepada topik cerita. Selanjutnya, guru menyampaikan cerita dengan memperlihatkan objek yang ada di dalam story boxes satu persatu. Kemudian, guru meminta siswa untuk menyampaikan cerita di dalam grup seperti yang dicontohkan oleh guru mereka sesuai dengan story boxes yang mereka punya. Setiap siswa di dalam kelompok mempunyai kesempatan yang sama dalam menyampaikan cerita. Media ini sangat efektif dalam mengajar keterampilan berbicara karena siswa dapat mengungkapkan ide-ide yang berkaitan dengan topik yang diceritakan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Berbicara (Speaking), Kosakata, Media Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Inggris-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 01 May 2025 15:43
Last Modified: 01 May 2025 15:43
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9516

Actions (login required)

View Item
View Item