Pengaruh Pretest Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI I.A SMAN. 2 Batang Kapas Tahun Pelajaran 2013/2014.

Vefmita, Winda (2014) Pengaruh Pretest Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI I.A SMAN. 2 Batang Kapas Tahun Pelajaran 2013/2014. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WINDA_VEFMITA_86229_2213_2015.pdf] Text
B1_3_WINDA_VEFMITA_86229_2213_2015.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi belajar biologi siswa yang rendah disebabkan karena kurang tepatnya strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru. Kompetensi belajar dapat ditingkatkan melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw yang diawali dengan pemberian pretest agar siswa memiliki persiapan saat pembelajaran berlangsung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Pretest Dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kompetensi Belajar Biologi Siswa Kelas XI I.A SMAN 2 Batang Kapas Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen menggunakan rancangan Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMAN 2 Batang Kapas yang terdaftar pada tahun pelajaran 2013/2014. Pengambilan sampel dilakukan secara acak melalui pengundian. Kelas yang terpilih adalah kelas XI I.A 3 sebagai kelas eksperimen dan XI I.A sebagai kelas kontrol. Alat pengumpulan data merupakan tes hasil belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang memiliki kriteria jika t maka hipotesis akan diterima dan sebaliknya. Hasil analisis data menggunakan uji-t pada ranah kognitif didapatkan t (3,25) besar dari t tabel 2 hitung (2,00) maka hipotesis diterima. Nilai rata-rata kognitif di kelas eksperimen yaitu 82,97, sedangkan pada kelas kontrol 77,48. Nilai rata-rata ranah afektif di kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol yaitu rata-rata kelas eksperimen 43,4 % dan pada kelas kontrol yaitu 37,5%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kompetensi belajar biologi siswa pada ranah kognitif dan afektif dengan menggunakan pretest dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap kompetensi belajar Biologi Siswa Kelas XI I.A SMAN.2 Batang Kapas Tahun Pelajaran 2013/2014. > t tabel hitung

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pretest, Model Pembelajaran, Kompetensi Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 15:40
Last Modified: 01 May 2025 15:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9510

Actions (login required)

View Item
View Item