Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbasis Flipped Classroom Learning (CIRC-b-FCL) bagi Pembelajaran Paragraph Reading di Perguruan Tinggi

Harida, Eka Sustri (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition berbasis Flipped Classroom Learning (CIRC-b-FCL) bagi Pembelajaran Paragraph Reading di Perguruan Tinggi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_EKA_SUSTRI_HARIDA_14169005_3380_2022.pdf] Text
B1_8_EKA_SUSTRI_HARIDA_14169005_3380_2022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Pembelajaran
CIRC-b-FCL yang valid, praktis, dan efektif untuk pembelajaran paragraph
reading di perguruan tinggi. Pengembangan ini dilakukan berdasarkan
permasalahan yang ditemukan di lapangan serta analisis kebutuhan yang
dilakukan terhadap dosen dan mahasiswa. Dalam melakukan pengembangan
model CIRC-bFCL ini digunakan Model Pengembangan ADDIE: Analysis,
Design, Develop, Implement, and Evaluation. Hal ini dilakukan dalam rangka
mengembangkan model pembelajaran CIRC-b-FCL beserta seluruh komponen
pendukungnya, seperti buku model, buku panduan mahasiswa, dan perangkat
pembelajaran. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuisioner, pedoman
wawancara, pedoman observasi, dan tes membaca. Subjek penelitian ini adalah
mahasiswa, dosen, dan pimpinan di IAIN Padangsidimpuan. Selanjutnya dalam
penelitian ini juga melibatkan tenaga ahli untuk melakukan evaluasi terhadap
instrumen yang digunakan dan model yang dihasilkan. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa model CIRC-b-FCL dibutuhkan oleh dosen dan mahasiswa
untuk pembelajaran paragraph reading di perguruan tinggi. Hasil penelitian juga
menunjukkan bahwa model yang dikembangkan sesuai untuk pembelajaran
paragraph reading di perguruan tinggi; hal ini diketahui dari nilai validitas dan
kepraktisan yang cukup tinggi. Nilai validitas model adalah 90%, sementara nilai
praktikalitas dilihat dari dua aspek, dari mahasiswa (79%) dan dari validator
(87%). Hasil analisis juga menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC-b-FCL
dinyatakan efektif digunakan dalam pembelajaran paragraph reading dibuktikan
dengan meningkatnya aktivitas belajar, kemampuan memahami paragraph, serta
sikap mahasiswa di kelas eksperimen dibandingkan dengan di kelas kontrol. Hasil
membaca paragraf mahasiswa pada kelompok eksperimen lebih tinggi dari pada
kelompok kontrol (79,47 > 68,53), dan sikap mahasiswa dalam posisi yang sangat
baik yakni 82%. Selanjutnya, dilihat dari pengujian hipotesis denngan hasil
signifikansi 0,019 dan dinyatakan lebih kecil dari 0.05; sehingga dapat dikatakan
bahwa hipotesis penelitian diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa
model pembelajaran CIRC-b-FCL yang dikembangkan valid, praktis, dan efektif
dalam pembelajaran paragraph reading di perguruan tinggi. Berdasarkan hasil
penelitian yang diperoleh ini, direkomendasikan kepada dosen untuk
menggunakan model CIRC-b-FCL ini sebagai salah satu model pembelajaran
untuk pembelajaran paragraph reading di perguruan tinggi. Model ini tidak saja
dapat digunakan untuk reading, tetapi juga direkomendasikan untuk pembelajaran
Bahasa Inggris lainnya, khususnya untuk pembelajaran writing

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 15:39
Last Modified: 01 May 2025 15:40
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9507

Actions (login required)

View Item
View Item