Nurfitriana, Nurfitriana (2013) Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir–Riau. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NURFITRIANA_93205_2836_2017.pdf [thumbnail of B1_01_NURFITRIANA_93205_2836_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NURFITRIANA_93205_2836_2017.pdf
Download (953kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 1 Bangko Kabupaten Rokan Hilir-Riau. Penelitian difokuskan pada aktifitas guru dalam proses pembelajaran, mulai dari tahap
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Informasi dalam penelitian ini dikembangkan sesuai dengan prinsip bola salju (snow ball). Data dianalisis melalui tahap analisis kawasan, analisis taksonomi, dan analisis komponensial untuk menemukan tema penelitian. Pemeriksaan data dilakukan dengan perpanjangan keikutsertaan, ketekunan pengamatan, triangulasi, dan pemeriksaan teman sejawat melalui diskusi untuk menjamin keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru-guru belum merancang perencanaan pembelajaran sebelum mengajar di kelas. Pada pelaksanaan proses belajar-mengajar, guru hanya mengajar berdasarkan buku paket. Dalam proses belajar-mengajar, guru cenderung menggunakan metode ceramah, tanya-jawab, dan pemberian tugas. Kreatifitas guru dalam merancang dan mengkreasikan media pembelajaran sangat kurang, guru hanya menggunakan media seadanya. Sedangkan evaluasi hasil belajar siswa hanya dilaksanakan dua kali setahun, pelaksanaan ujian sub-sumatif hanya diserahkan pada guru mata pelajaran. Dengan demikian, fungsi evaluasi sebagai alat ukur pencapaian hasil belajar belum tepat sasaran.
Sesuai dengan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru dapat lebih meningkatkan pengetahuannya terutama tentang pembelajaran, mulai dari tahap perencanaan, strategi yang digunakan, memilih metode, dan penggunaan media yang relevan serta melaksanakan evaluasi sesuai dengan pembelajaran itu sendiri, sehingga proses pembelajaran dapat mengacu pada pencapaian tujuan pendidikan.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Teknologi Pendidikan-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:36 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:36 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9500 |