Arnis N, Dhastia Nurmawla Zuna (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share dalam Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Pasaman Tahun Ajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_hastia Nurmawla (04953).pdf [thumbnail of B1_2_hastia Nurmawla (04953).pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_hastia Nurmawla (04953).pdf
Download (4MB)
Abstract
Hasil belajar matematika siswa kelas X SMAN 1 Pasaman pada ujian tengah semester genap menunjukkan lebih dari 50% siswa tidak mencapai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah. Salah satu penyebab rendahnya hasil belajar siswa adalah rendahnya pemahaman konsep siswa terhadap materi pelajaran. Selain pemahaman konsep, aktivitas belajar siswa juga masih rendah. Untuk mengatasi permasalahan ini maka diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Hipotesis penelitian ini adalah pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada siswa kelas X SMAN 1 Pasaman. Pertanyaan penelitian ini adalah “Bagaimana aktivitas siswa selama menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dalam pembelajaran matematika di kelas X SMAN 1 Pasaman?” Jenis penelitian ini adalah eksperimen dan deskriptif. Pada penelitian eksperimen rancangan penelitian yang digunakan adalah Randomized Control Group Only Design. Penelitian deskriptif digunakan untuk mendiskripsikan aktivitas siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMAN 1 Pasaman. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X4 sebagai kelas eksperimen dan kelas X7 sebagai kelas control. Pengolahan data hasil tes akhir dilakukan melalui uji-t dengan menggunakan software MINITAB. Dari hasil uji-t terlihat bahwa pada tingkat signifikan diperoleh P-Value = 0,00 karena P-Value < α = 0,05. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil observasi secara umum dapat disimpulkan terjadi peningkatan aktivitas i siswa selama diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dari pertemuan pertama sampai pertemuan terakhir
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Matematika-S1 |
Depositing User: | Fitri Yelli S.Sos |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:11 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9482 |