Pengembangan Model Blended-Project based learning Praktikum Elektronika Daya di Era Revolusi Industri 4.0

Aswardi, Aswardi (2021) Pengembangan Model Blended-Project based learning Praktikum Elektronika Daya di Era Revolusi Industri 4.0. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_8_ASWARDI_14193002_5850_2021.pdf] Text
B1_8_ASWARDI_14193002_5850_2021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar mahasiswa pada proses
pembelajaran praktikum elektronika daya belum optimal. Oleh karena itu
dibutuhkan model pembelajaran yang aktif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan
untuk mengembangkan model blended-project based learning mata kuliah
praktikum elektronika daya di era revolusi industri 4.0. yang valid, praktis dan
efektif.
Prosedur pengembangan yang dipakai dalam penelitian ini merujuk pada
model penelitian dan pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,
Implementation dan Evaluation). Kelima langkah ADDIE tersebut yang
dikembangkan yaitu: 1) Analysis yaitu langkah pertama penelitian pendahuluan
atau analisis kebutuhan (need analysis), 2) Design yaitu langkah kedua
perencanaan atau desain model Blended-Project based learning, 3) Development
yaitu langkah ketiga pengembangan model dengan menguji validitas dengan
Focus Group Discussion (FGD) untuk produk model yang dihasilkan, 4)
Implementation yaitu langkah keempat menguji praktikalitas dan efektifitas
pembelajaran menggunakan model Blended-Project based learning, dan 5)
Evaluation yaitu langkah kelima melihat apakah model pembelajaran yang sedang
dibangun berhasil atau tidak.
Penelitian ini menghasilkan model blended-project based learning
praktikum elektronika daya di era revolusi industri 4.0. Berdasarkan hasil
penelitian dan pengembangan (R&D) dapat disimpulkan bahwa model blendedproject
based learning mata kuliah praktikum elektronika daya di era revolusi
industri 4.0 yang valid, praktis dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar
mahasiswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Blended-Project based learning Elektronika Daya
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 15:10
Last Modified: 01 May 2025 15:10
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9476

Actions (login required)

View Item
View Item