Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar yang Menggunakan Media Video Dengan Media Powerpoint Dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA N 1 Rambatan

Pratiwi, Winda (2016) Perbedaan Motivasi dan Hasil Belajar yang Menggunakan Media Video Dengan Media Powerpoint Dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA N 1 Rambatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WINDA_PRATIWI_17977_1014_2016.pdf] Text
B1_3_WINDA_PRATIWI_17977_1014_2016.pdf

Download (10MB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SMA Negeri 1 Rambatan ditemukan permasalahan dalam pembelajaran sosiologi pada kelas XI IPS. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru belum variatif dan cenderung monoton, proses pembelajaran berpusat pada guru sedangkan siswa hanya pasif mendengarkan. Sehingga pembelajaran menjadi tidak menarik dan berdampak pada motivasi dan hasil belajar siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan perbedaan motivasi dan hasil belajar yang menggunakan media video dengan media powerpoint dalam pembelajaran sosiologi di SMA N 1 Rambatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan bentuk quasy experiment. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 1 Rambatan. berjumlah 119 orang terdiri dari 5 kelas, teknik pengambilan sampelnya purposive sampling, yaitu kelas XI IPS 2 dan XI IPS 3 masing-masingnya berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data digunakan angket berupa pertanyaan 15butir dan tes berupa soal objektif sebanyak 40 butir soal, dan alat pengumpul data adalah lembaran tes. Data diolah dengan uji perbedaan (t-test). Data yang diambil berupa motivasi dan hasil belajar siswa dari sebanyak 46 siswa sample yang terdapat di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Untuk itu diperlukan alat pengumpul data (instrumen) berupa angket motivasi belajar dan tes hasil belajar siswa. Setelah uji validitas dan reliabilitasnya maka instrumen tersebut dapat digunakan untuk mengambil data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t untuk menguji hipotesis dan melihat perbedaan motivasi dan hasil belajar yang menggunakan media video dengan media powerpoint. Sebelum dilakukan pengujian hipotesis terlebih dahulu dilakukan uji homogenitas dan normalitas data. Selain uji t, analisis dilakukan dengan menentukan banyaknya siswa yang memiliki motivasi tinggi dan hasil belajar tinggi pada kedua kelas tersebut. Dari analisis data ternyata sebagian besar siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan media video memiliki motivasi tinggi yaitu (7,99) sedangkan pada kelas kontrol (6,59). Dari analisis data hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media video memiliki hasil nilai yang baik yaitu (9,42) sedangkan pada kelas kontrol (7,95)

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi, Hasil Belajar, Power Point
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 15:05
Last Modified: 01 May 2025 15:05
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9474

Actions (login required)

View Item
View Item