Sari, Winda Novita (2013) Pengembangan LKS Biologi Bernuansa Kontekstual Dilengkapi dengan Mind Map pada Materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk Siswa Sekolah Menengah Atas. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_WINDA_NOVITA_SARI_12600_3024_2013.pdf [thumbnail of B1_3_WINDA_NOVITA_SARI_12600_3024_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_WINDA_NOVITA_SARI_12600_3024_2013.pdf
Download (2MB)
Abstract
Siswa kurang suka membaca bahan ajar biologi yang mereka miliki. Hal itu disebabkan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang mereka gunakan tidak berwarna dan kurang menarik, sehingga siswa merasa bosan untuk mengerjakan LKS tersebut. Selain itu, siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi yang disajikan dalam LKS biologi yang mereka miliki. Oleh karena itu diperlukan pengembangan LKS biologi bernuansa kontekstual dilengkapi dengan mind map. Pendekatan kontekstual merupakan pendekatan pembelajaran yang mengarahkan siswa untuk dapat mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari. Jadi, jika pendekatan ini digunakan oleh guru, maka siswa akan lebih termotivasi, karena materi pembelajaran dikaitkan dengan situasi nyata siswa. Sehingga, siswa tidak hanya sekedar menghafal materi pelajaran yang bersifat sulit untuk dipahami. Selain itu, mind map yang ada dapat merangsang pola fikir siswa kea rah kontekstual. Berdasarkan hal itu, dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menghasilkan LKS biologi bernuansa kontekstual dilengkapi dengan mind map pada materi Archaebacteria dan Eubacteria untuk siswa sekolah menengah atas, serta mengetahui kriteria validitas dan praktikalitasnya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 3 tahap dari model 4-D, yang terdiri dari tahap define, (pendefinisian), design (perancangan),dan develop (pengembangan). Subjek uji coba LKS adalah 2 orang guru dan 25 orang siswa SMAN 8 Padang kelas X. Data penelitian adalah data primer yang terdiri dari validitas dan praktikalitas guru/siswa. Data dianalisis dengan analisis deskriptif persentase. Berdasarkan penelitian yang dilakukan, dihasilkan LKS yang dikategorikan sangat valid oleh valitador dari empat komponen penilaian yaitu komponen kelayakan isi, komponen kebahasaan, komponen penyajian, dan komponen kegrafikan dengan nilai rata-rata 93,49%. LKS yang dihasilkan juga dikategorikan praktis oleh guru dengan nilai rata-rata 87,20%, dan dikategori sangat praktis oleh siswa dengan nilai rata-rata 93,26% dari segi kemudahan penggunaan, waktu pembelajaran, dan biaya.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Mind Map, Archaebacteria, Eubacteria |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 01 May 2025 15:02 |
Last Modified: | 01 May 2025 15:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9466 |