Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA PGRI 1 Padang

Sidabutar, Anzelina (2018) Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA PGRI 1 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_ANZELINA_SIDABUTAR_1302219_1135_2018.pdf] Text
B1_04_ANZELINA_SIDABUTAR_1302219_1135_2018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rendahnya hasil belajar siswa pada kemampuan pemahaman konsep disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah kurang bervariasinya model pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran. Hal ini peneliti temukan pada siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang, guru lebih cenderung menggunakan metode ceramah sehingga proses pembelajaran hanya berpusat pada guru bukan pada siswa. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan adanya pengaruh penggunaan model pembelajaran Jigsaw terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA PGRI 1 Padang. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA PGRI 1 Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara random dengan teknik random kelompok, kelas X IIS 1 sebagai kelas kontrol dengan siswa berjumlah 23 orang dan X IIS 2 sebagai siswa eksperimen dengan siswa berjumlah 22 orang. Data penelitian dianalisis menggunakan statistik yang terdiri dari uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata skor postest kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, dimana kelas eksperimen memperoleh skor ratarata sebesar 19,5 dan kelas kontrol memperoleh skor rata-rata sebesar 13,2. Hal ini berarti hasil belajar siswa kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Pengolahan data tes dilakukan dengan menggunakan uji t. Setelah dianalisis diperoleh t hitung sebesar 5,8241 dengan taraf nyata 0,05 dan df = 43 diperoleh t tabel sebesar 2,01669, karena t hitung > t tabel maka hipotesis penelitian diterima. Berdasarkan data di atas, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa. Uji t juga dilakukan pada setiap konsep dasar, pada pengertian interaksi sosial diperoleh t hitung Sedangkan pada soal syarat-syarat interaksi sosial diperoleh t hitung sebesar 2,625. Pada soal faktor-faktor interaksi sosial diperoleh t hitung sebesar 2,679 serta pada soal bentuk-bentuk interaksi sosial diperoleh t hitung 3,681 dengan t tabel 2,01669 dan df = 43. Ini berarti dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada kelas X SMA PGRI 1 Padang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pemahaman konsep, Jigsaw, hasil belajar siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sosiologi-S1
Depositing User: RAJANA RAJANA
Date Deposited: 01 May 2025 15:00
Last Modified: 01 May 2025 15:00
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9460

Actions (login required)

View Item
View Item