Zuwirda, Zuwirda (2021) Pengembangan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis Budaya Minangkabau untuk Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_ZUWIRDA_19479_628_2023.pdf [thumbnail of B1_08_ZUWIRDA_19479_628_2023.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_ZUWIRDA_19479_628_2023.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran kewirausahaan yang dilaksanakan di perguruan tinggi saat
ini berdasarkan beberapa penelitian belum mampu menekan angka pengangguran
lulusan. Menjawab permasalahan tersebut berbagai upaya dan perubahan untuk
kemajuan dilakukan untuk melahirkan student enterpreneurship. Yaitu mahasiswa
yang memiliki Self Confidence untuk merencanakan, mengambil keputusan
tentang kewirausahaan yang akan dikembangkan setelah menamatkan pendidikan.
Banyak faktor yang mempengaruhi tumbuh kembangnya jiwa kewirausahaan,
salah satunya adalah budaya dimana seseorang itu dibesarkan. Penelitian ini
bertujuan untuk menghasilkan Modul Pembelajaran Kewirausahaan Berbasis
Budaya Minangkabau untuk Meningkatkan Self Confidence Mahasiswa Fakultas
Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN Imam Bonjol Padang.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R & D), dilakukan
mengikuti tahapan “ADDIE”. Untuk mendapatkan data faktual di lapangan
digunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Populasi penelitian adalah semua
mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi. Sampel ditentukan secara
porposive sampling. Data kuantitatif dikumpulkan melalui kuesioner, sedangkan
data kualitataif menggunakan informan melalui observasi dan wawancara. Tehnik
analisis data deskriptif diolah dengan SPSS versi 20 dan menggunakan uji
Konkordasi Kendall’s. Produk penelitian berupa buku modul dan buku panduan
penggunaan modul pembelajaran kewirausahaan berbasis budaya Minangkabau
untuk meningkatkan Self Confidence Mahasiswa.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) Gambaran Self Confidence
mahasiswa Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi secara umum berada pada
tingkat sedang, sedangkan pemahaman mahasiswa terhadap budaya Minangkabau
yang terkait dengan pepatah yang berhubungan dengan kewirausahaan masyarakat
Minangkabau masih rendah. (2). Hasil validasi uji kelayakan yang dilakukan para
pakar/ahli ke dua perangkat modul dan buku panduan penggunaan modul sudah
sangat layak menurut pakar/ahli untuk digunakan dalam proses pembelajaran,
sedangan untuk uji keselarasan penilaian dari para ahli mengambarkan bahwa
tingkat keselarasan/ kecocokan penilaian yang diberikan berada pada kategori
sangat layak, (3) Hasil uji keterpakaian kedua perangkat modul dan buku panduan
modul yang dilakukan oleh praktisi/dosen diperoleh gambaran bahwa uji validitas
keterpakaian dan uji keselarasan penilaian oleh praktisi menyatakan bahwa kedua
perangkat berada pada ketegori sudah sangat layak dipergunakan dalam proses
penbelajaran kewirausahaan di Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi UIN
Imam Bonjol Padang
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Modul Pembelajaran Pembelajaran Kewirausahaan Budaya Minangkabau Self Confidence |
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 01 May 2025 14:52 |
Last Modified: | 01 May 2025 14:52 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9446 |