Yaldi, Novri (2017) Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Menggunakan Model Learning Cycle 5E di Kelas V Sekolah Dasar. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_01_NOVRI_YALDI_15124043_5387_2017.pdf [thumbnail of B1_01_NOVRI_YALDI_15124043_5387_2017.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_01_NOVRI_YALDI_15124043_5387_2017.pdf
Download (1MB)
Abstract
LKS yang digunakan di sekolah-sekolah masih belum optimal dalam memfasilitasi perkembangan peserta didik. Untuk itu dikembangkan LKS dalam pembelajaran yang menggunakan learning cycle 5E yang berisikan tahapan kegiatan, sehingga peserta didik dapat menguasai pembelajaran dan meningkatkan
kompetensi-kompetensi dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mengahasilkan LKS IPA menggunakan learning cycle 5E yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D, yaitu: Define, Desain,
Development dan Disseminate. Data penelitian diperoleh dari uji validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Data uji validitas diperoleh melalui lembar validasi LKS. Data kepraktisan diperoleh dari lembar angket respons guru, angket respon siswa. Data keefektifan dilihat dari aktivitas siswa dan hasil belajar siswa. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata validitas LKS 92,5%.
LKS sudah praktis baik dari segi keterlaksanaan, kemudahan, dan waktu. LKS juga telah efektif dari segi aktivitas dan hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata aktivitas siswa saat uji coba meningkat 91.10% dan hasil belajar dengan tingkat ketuntasan siswa 88,8% dan saat penyebaran terlihat aktivitas siswa rata-rata 95,89% dan hasil belajar 86,5%. Ini berarti LKS yang digunakan dalam pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil
tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS model learning cycle 5E yang dikembangkan pada pembelajaran IPA di kelas V SD dapat dinyatakan valid, praktis, dan efektif.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Learning Cycle 5E |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Dasar-S2 |
Depositing User: | Nurismen Nurismen S.Sos |
Date Deposited: | 01 May 2025 14:44 |
Last Modified: | 01 May 2025 14:44 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9423 |