Andira, Ayu (2021) The Correlation Between Students’ Writing Anxiety and Writing Achivement of Students. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_Ayu_Andira_16018010_4134_2021.pdf [thumbnail of B1_03_Ayu_Andira_16018010_4134_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_Ayu_Andira_16018010_4134_2021.pdf
Download (2MB)
Abstract
Kecemasan menulis merupakan masalah yang dihadapi siswa dalam kelas menulis. Kecemasan ini dapat menghambat siswa untuk mencapai pemahaman terbaik dalam menulis. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara kecemasan menulis dengan prestasi belajar menulis paragraf di mata kuliah Bahasa Inggris Universitas Negeri Padang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Bahasa Inggris semester dua yang telah mengikuti mata kuliah Paragraph Writing pada bulan Januari-Juni 2020. Mereka dipilih karena telah mengikuti mata kuliah penulisan paragraf. Sampel berjumlah 48 siswa yang diambil dengan menggunakan cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket dari Second Language Writing Anxiety Inventory (SLWAI) dan tes menulis untuk mengetahui hasil dari prestasi menulis yang telah diberikan sebanyak dua kali agar diperoleh data yang lebih lengkap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SLWAI dan tes menulis tidak memiliki korelasi dengan Korelasi Pearson (r = -.052). Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwa kecemasan menulis yang tinggi yang dimiliki siswa tidak menutup kemungkinan rendahnya prestasi menulisnya yang mereka miliki. Mungkin juga mereka memiliki prestasi menulis yang tinggi.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Writing, Anxiety, Writing anxiety, Writing achievement. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 01 May 2025 14:43 |
Last Modified: | 01 May 2025 14:43 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9420 |