Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Kontekstual tentang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Kelas V SMP

Yuliza, Wilny Okta (2015) Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik Berbasis Kontekstual tentang Materi Klasifikasi Makhluk Hidup untuk Kelas V SMP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WILNY_OKTA_YULIZA_1101306_6152_2015.pdf] Text
B1_3_WILNY_OKTA_YULIZA_1101306_6152_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPA di sekolah diharapkan dapat menjadi wahana bagi peserta didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu materi IPA yang sulit dipahami oleh siswa Kelas VII SMP adalah materi klasifikasi makhluk hidup. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mempermudah siswa memahami materi klasifikasi makhluk hidup adalah dengan mengembangkan bahan ajar berupa Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) berbasis kontekstual, dengan mengaitkan materi pembelajaran dengan kehidupan sehari-hari peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan LKPD berbasis kontekstual tentang materi klasifikasi makhluk hidup untuk SMP. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang menggunakan 3 tahap dari model 4-D, yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (design), danpengembangan (develop).Tahap define meliputi analisis ujung depan, analisis siswa, analisis tugas, analisis konsep, dan perumusan tujuan pembelajaran. Pada tahap design dilakukan perancangan LKPD berbasis kontekstual. Pada tahap develop dilakukan validasiLKPD oleh 4 orang validator dan uji praktikalitas oleh 2 orang guru dan 20 orang siswa Kelas VIISMPN 11 Padang. Teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dihasilkan produk berupa LKPD berbasis kontekstual tentang materi klasifikasi makhluk hidup untuk SMP. Dari hasil validasi, diperoleh rata-rata nilai validitas sebesar 92,5% dengan kriteria sangat valid dari segi kelayakan isi, kebahasaan, penyajian dan kegrafikan. Hasil praktikalitas dari aspek kemudahan waktu penggunaan, efisiensi waktu pembelajaran dan manfaat oleh guru dengan kriteria sangat praktis dengan ratarata nilai praktikalitas sebesar 91% dan kriteria praktis oleh siswa dengan rata-rata nilai praktikalitas sebesar 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis kontekstual tentang materi klasifikasi makhluk hidup untuk Kelas VII SMPyang dikembangkan memiliki kriteria sangat valid dan sangat praktis oleh guru dan kriteria praktis oleh peserta didik.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Lembar Kegiatan, Klasifikasi Makhluk Hidup
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 14:41
Last Modified: 01 May 2025 14:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9415

Actions (login required)

View Item
View Item