Efektifitas Kalkulator untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Uang oleh Siswa X: Single Subject Research di Kelas D5/C SLB Negeri Pulau Punjung

Wasrina, Wasrina (2012) Efektifitas Kalkulator untuk Meningkatkan Kemampuan Menghitung Uang oleh Siswa X: Single Subject Research di Kelas D5/C SLB Negeri Pulau Punjung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_WARSINA_93840_4199_2012.pdf] Text
B1_2_WARSINA_93840_4199_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah anak tunagrahita X yang belum bisa menghitung jumlah uang kembalian dari belanjanya. Asesmen yang dilakukan menunjukkan bahwa anak serinmg tidak menghitung uang kembalian be;lanaja serta menunjukkan kelemahannya dalam belajar/akademik dan lambat daya tangkapnya, cepat merasa bosan pada saat mengerjakan soal-soal yang berhubungan dengan matematika, mudah lupa serta sulit berkonsentrasi. Peneliti bertujuan untuk membuktikan keefektifan alat bantu kalkulator dalam meningkatkan kemampuan menghitung uang kembalian pada anak tunagrahita ringan. Hipotesis kerja penelit ian, “Kalkultor efektif digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan menghitung uang kembalian pada anak tunagrahita X” Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR) design A – B. Subjek penelitian ini adalah anak tunagrahita berinisial X kelas D5/C SLB Negeri Pulau Punjung. Penilaian dalam penelitian ini konsisten dalam mengukur persentase peningkatan kemampuan menghitung uang kembalian jumlah nilai/harga belanjaan kurang dari Rp. 20.000, dan uang yang dibayarkan uang kertas Rp. 2000 s/d Rp. 20.000. Data dikumpulkan dengan teknik dengan tes jenis tes lisan, Setelah data dianailsis dengan teknik analysis visual grapic, maka didapat pesentase kemampuan menghitung uang kembalian yang tertinggi pada fase base line 12% sedangkan pada fase intervensi 88%, artinya kemampuan menghitung uang kembalian anak jauh meningkat. Tingkat perubahan pada base line 8% sedangkan pada kondisi intervensi tingkat perubahan 64%. Ini artinya perubahan kemampuan anak menghitung uang kembalian meningkat jauh lebih baik dengan menggunakan kalkulator. Persentase overlap (0%). Hasilnya menunjukkan bahwa secara signifikan hipotesis (Ha) diterima. Berarti, kalkultor efektif digunakan untuk membantu meningkatkan kemampuan menghitung uang kembalian pada anak tunagrahita X. Disarankan kepada guru, mahasiswa PLB dan orangtua anak tunagrahita ringan, jika hendak meningkatkan kemampuan menghitung uang kembalian belanja pada anak, dapat dilakukan dengan menggunakan alat bantu kalkulator.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kalkulator, Kemampuan Menghitung Uang, Anak Tunagrahita
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 01 May 2025 14:40
Last Modified: 01 May 2025 14:41
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9412

Actions (login required)

View Item
View Item