Evaluasi Program Pengalaman Lapangan Kependidikan di Prodi PTB FT UNP

Pratama, Angga (2017) Evaluasi Program Pengalaman Lapangan Kependidikan di Prodi PTB FT UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Univeritas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_01_ANGGA_PRATAMA_1103451_5650_2017.pdf] Text
B1_01_ANGGA_PRATAMA_1103451_5650_2017.pdf

Download (9MB)

Abstract

Program Pengalaman Lapangan Kependidikan (PPLK) diharapkan bisa menjadi
sarana bagi mahasiswa untuk menjadi seorang calon guru yang memiliki
kompetensi pendidik. Namun kondisi dan fakta dilapangan saat ini tidak seperti
yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi bagaimana konteks,
masukan, proses dan produk pada program PPLK di Prodi PTB FT UNP.
Penelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan model CIPP. Metode yang
digunakan adalah metode kombinasi secara urutan pembuktian. Data kuantitatif
dikumpulkan melalui angket dengan responden 43 mahasiswa Prodi PTB FT UNP
dan 42 guru pamong di sekolah latihan, sedangkan data kualitatif dikumpulkan
melalui wawancara dan observasi dengan informannya adalah dosen pembimbing
PPLK mahasiswa Prodi PTB FT UNP. Data kuantitatif dianalisis dengan teknik
analisis deskriptif, dan data kualitatif dianalisis menurut Miles dan Huberman
yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan/
verifikasi. Pengabungan data kuantitatif dan kualitatif berfungsi untuk
memperkuat, memperluas, dan memperdalam data kuantitatif yang telah
dilakukan pada tahap pertama.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa komponen konteks ditinjau dari kebutuhan
program, tujuan program, dan lingkungan program secara keseluruhan diperoleh
penilaian dengan kategori baik. Komponen masukan yang ditinjau dari
mahasiswa, kurikulum, dan jadwal pelaksanaan diperoleh penilaian dengan
kategori cukup, sedangkan ditinjau dari guru pamong dan dosen pembimbing
diperoleh penilaian dengan kategori baik. Komponen proses yang ditinjau dari
persiapan, pelaksanaan PPLK mahasiswa, dan pelaksanaan tugas dosen
pembimbing diperoleh penilaian dengan kategori cukup, sedagkan ditinjau dari
pelaksanaan tugas guru pamong diperoleh penilaian dengan kategori baik.
Komponen produk ditinjau dari ketercapaian tujuan PPLK dan Dampak PPLK
secara keseluruhan diperoleh penilaian dengan kategori baik. Dengan demikian
dapat disimpulkan bahwa PPLK sudah berada pada kategori baik, namun masih
perlu perbaikan dan peningkatan pada komponen masukan dan proses.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TH Building construction
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos
Date Deposited: 06 Feb 2025 06:57
Last Modified: 07 Feb 2025 01:32
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/940

Actions (login required)

View Item
View Item