Delvionna, Aulia (2018) Analisis Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Menggunakan Tes Diagnostik Two Tier Multiple Choice. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_03_AULIA_DELVIONNA_14031066_3651_2018.pdf [thumbnail of B1_03_AULIA_DELVIONNA_14031066_3651_2018.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_03_AULIA_DELVIONNA_14031066_3651_2018.pdf
Download (6MB)
Abstract
Biologi merupakan salah satu cabang IPA yang sangat berkaitan dengan permasalahan yang ada dalam kehidupan sehari-hari, sehingga dibutuhkan pemahaman konsep yang tepat dalam menalarkan dan mengolah informasi yang didapatkan. Materi sistem peredaran darah ini termasuk materi yang sulit dipahami peserta didik karena terlalu kompleks dan waktu yang diberikan dalam kegiatan pembelajaran terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemahaman konsep peserta didik pada materi Sistem Peredaran Darah Manusia. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMPN 34 Padang sebanyak 56 orang peserta didik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen penelitian berupa soal pilhan ganda dua tingkat atau Tes Diagnostik Two-Tier Multiple Choice dengan membagi pemahaman konsep peserta didik dalam kategori paham konsep, miskonsepsi dan tidak paham konsep. Data penelitian ini disajikan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas VIII SMP Negeri 34 Padang pada materi sistem peredaran darah manusia yang paham konsep paling tinggi terdapat pada konsep hemoglobin, miskonsepsi terdapat pada konsep kapiler, dan tidak paham konsep terdapat pada konsep agranulosit. Pada materi sistem peredaran darah manusia memiliki persentase miskonsepsi tertinggi terdapat pada indikator karakteristik golongan darah sebesar 54,38% dengan kriteria sedang. Persentase paham konsep tertinggi terdapat pada indikator komponen penyusun darah manusia sebesar 30,41% dengan kriteria rendah. Sedangkan persentase tidak paham konsep tertinggi terdapat pada indikator alat alat peredaran darah manusia sebesar 29,60% dengan kriteria rendah. Dapat disimpulkan bahwa peserta didik lebih banyak yang mengalami miskonsepsi daripada paham konsep dan tidak paham konsep.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sistem peredaran darah manusia, Tes diagnostik two tier multiple choice |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | AKILMI AKILMI |
Date Deposited: | 01 May 2025 14:32 |
Last Modified: | 01 May 2025 14:32 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9385 |