Putri, Riri Ananda (2015) Efektivitas Media Cangkang Telur untukMeningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Tunagrahita Sedang: Single Subject Research di kelas V C.1 SLB Negeri 2 Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_RIRI_ANANDA_OUTRI_1100268_452_2016 1.pdf [thumbnail of B1_2_RIRI_ANANDA_OUTRI_1100268_452_2016 1.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_RIRI_ANANDA_OUTRI_1100268_452_2016 1.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di SLB
Negeri 2 Padang, seorang anak tunagrahita sedang kelas V C.1 mengalami
permasalahan pada motorik halusnya. Penelitian ini bertujuan membuktikan
efektifitas media cangkang telur untuk meningkatkan kemampuan motorik halus
bagi anak tunagrahita sedang.
Penelitian ini menggunakan jenis eksperimen dengan metode Single
Subject Research (SSR). Disain A-B-A dan teknik analisis datanya menggunakan
analisis visual grafik. Subjek penelitian adalah anak tunagrahita sedang kelas V
C.1. teknik pengumpulan data peneliti mengukur kemampuan motorik halus anak
(mengambil, meletakkan, dan menempel) dengan menggunakan persentase, yaitu
membagi skor jawaban benar dengan skor total instrumen pengamatan, kemudian
dikali 100%.
Hasil penelitian menunjukkan, kemampuan anak tunagrahita sedang yang
diteliti dalam penggunaan media cangkang telur meningkat. Awal pengukuran
kemampuan peneliti dengan mengukur pada kondisi baseline (A1) pengamatan
dilakukan lima kali dengan mean level 41,2%, pada kondisi intervensi
pengamatan dilakukan enam kali dengan mean level 65%, dan pada kondisi
baseline (A2) pengamatan dilakukan enam kali dengan mean level diperoleh 75%.
Hasil analisis data, diperoleh arah kecendrungan data menunjukkan adanya
peningkatan kemampuan motorik halus dalam menyelesaikan kegiatan menempel
dengan cangkang telur. Perubahan level data pada kondisi baseline (A1) adalah
7%, pada kondisi intervensi (B) adalah 36%, dan pada kondisi baseline (A2)
adalah 18%. Overlap data yang terjadi pada kondisi baseline (A1) dan intervensi
adalah 16,67%, dan overlap data pada fase baseline (A2) dan intervensi adalah
16,67%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan media cangkang
telur efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik halus bagi anak tunagrahita
sedang kelas V C.1 di SLB Negeri 2 Padang.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media cangkang telur, Meningkatkan kemampuan motorik halus anak tunagrahita |
Subjects: | L Education > LC Special aspects of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1 |
Depositing User: | Risna Juita S.Sos |
Date Deposited: | 01 May 2025 14:29 |
Last Modified: | 01 May 2025 14:30 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9378 |