Identifikasi Miskonsepsi Materi Dasar-Dasar Evolusi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang

Fauziah, Atikah (2018) Identifikasi Miskonsepsi Materi Dasar-Dasar Evolusi pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ATIKAH_FAUZIAH_14031056_2668_2018.pdf] Text
B1_03_ATIKAH_FAUZIAH_14031056_2668_2018.pdf

Download (6MB)

Abstract

Matakuliah evolusi merupakan pembelajaran yang memiliki banyak konsep, bersifat abstrak, dan cenderung sulit dipahami. Hal itu menyebabkan matakuliah evolusi berpeluang mengalami miskonsepsi. Miskonsepsi merupakan keadaan dimana konsep yang dimiliki oleh mahasiswa berbeda atau tidak sama dengan konsep yang dijelaskan oleh para ahli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep-konsep evolusi yang mengalami miskonsepsi pada mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang setelah mengikuti perkuliahan evolusi dan untuk mengetahui persentase besarnya miskonsepsi yang terjadi. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilakukan di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Padang. Subjek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang yang telah mengikuti perkuliahan evolusi pada semester genap 2016/2017. Sampel penelitian adalah keseluruhan subjek yang masih aktif kuliah. Variabel penelitian ini adalah miskonsepsi mahasiswa terhadap konsep-konsep pada materi evolusi. Instrumen penelitian adalah tes multiple choice yang dilengkapi dengan kriteria Certainty of Response Index (CRI) berupa angka 1, 2 dan 3 yang dipilih berdasarkan tingkat keyakinan terhadap jawaban. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan menghitung persentase mahasiswa yang mengalami miskonsepsi yaitu mahasiswa yang memilih jawaban salah dan indeks 3 pada CRI. Berdasarkan analisis data diketahui persentase miskonsepsi tertinggi terdapat pada materi pokok pengertian dan ruang lingkup evolusi sebesar 39.52%, dan persentase miskonsepsi terendah terdapat pada materi pokok teori evolusi Darwin sebesar 15.86%. Dengan demikian dapat disimpulkan mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Negeri Padang mengalami miskonsepsi pada materi evolusi setelah mengikuti perkuliahan evolusi dengan persentase yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Identifikasi miskonsepsi, Materi dasar-dasar evolusi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 01 May 2025 14:27
Last Modified: 01 May 2025 14:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9373

Actions (login required)

View Item
View Item