Efektifitas Terapi Musik Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Bagi Anak Tunagrahita Sedang: Single Subject Research

Wijaya, Rio (2014) Efektifitas Terapi Musik Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Anggota Tubuh Bagi Anak Tunagrahita Sedang: Single Subject Research. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_RIO_WIJAYA_11620_5828_2014.pdf] Text
B1_2_RIO_WIJAYA_11620_5828_2014.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi dari permasalahan pada salah satu anak di
SLB Negeri 1 Padang yaitu anak tunagrahita sedang. Anak mengalami kesulitan
dalam mengenal anggota tubuh bagian atas, diantaranya: rambut, mata, hidung,
telinga dan mulut. Tentunya ini sangat penting karena sangat dekat dengan anak.
Salah satu cara yang peneliti gunakan dalam mengenalkan anggota tubuh bagian
atas bagi anak X yaitu dengan menggunakan terapi musik yang dikemas dalam
bentuk nyanyian anak-anak yang dimodifikasi baik itu dengan alat musik maupun
dengan bernyanyi bersama-sama dengan anak. Pemberian perlakuan ini untuk
meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal anggota tubuh bagian atasnya.
Peneliti akan membuktikan bahwa layanan terapi musik dalam bentuk nyanyian
efektif untuk meningkatkan kemampuan mengenal anggota tubuh bagian atas bagi
anak tunagrahita sedang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan ekperimen dalam bentuk single
subject research (penelitian subjek tunggal), dengan menggunakan desain A-B-A
dan menggunakan teknik analisis visual grafik. Terlihat bahwa kemampuan anak X
pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak enam kali pertemuan, anak
belum bisa mengenal anggota tubuh bagian atasnya, yang meliputi; rambut, mata,
hidung, telinga dan mulut. Sehingga persentase 0%. Setelah diberikan layanan
terapi musik dalam bentuk nyanyian pada kondisi intervensi (B) dilakukan
sebanyak 9 kali pertemuan, kemampuan anak terus meningkat dengan skor
tertinggi 100%. Sedangkan kondisi baseline (A2) dilakukan sebanyak 4 kali
pertemuan tanpa menggunakan terapi musik, dengan rentang skor 80% sampai
100%..
Dengan demikian, terapi musik dalam bentuk nyanyian efektif untuk
meningkatkan kemampuan pengenalan anggota tubuh bagian atas bagi anak
tunagrahita sedang. Disarankan agar guru di sekolah mampu memberikan
pelajaran dalam bentuk nyanyian bagi anak tunagrahita sedang. Karena terapi
musik dalam bentuk nyanyian konsepnya yaitu bermain sambil belajar

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Risna Juita S.Sos
Date Deposited: 01 May 2025 14:27
Last Modified: 01 May 2025 14:27
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9371

Actions (login required)

View Item
View Item