Pengaruh Penggunaan Model PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman

Sary, Wielda (2013) Pengaruh Penggunaan Model PAKEM Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi Kelas VIII di SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WIELDA_SARY_04026_1143_2013.pdf] Text
B1_3_WIELDA_SARY_04026_1143_2013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan di sekolah bahwa pembelajaran sering didominasi oleh guru sebagai sumber Informasi serta kurangnya fasilitas laboratorium komputer yang menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa, sehingga membutuhkan model pembelajaran yang tepat untuk mengatasi masalah ini. Untuk itulah penggunaan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) diduga dapat berpengaruh untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang. Hipotesis penelitian ini adalah terdapat pengaruh dalam penggunanan model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) yang signifikan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian quasy eksperimen dengan membandingkan hasil belajar siswa yang belajar menggunakan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) dan tidak menggunakan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman yang berjumlah 212 siswa terdiri dari 6 kelas. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling, yaitu kelas VIII 6 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII i 5 sebagai kelas kontrol masing-masing kelas berjumlah 35 siswa. Jenis data dalam penelitian ini adalah data hasil belajar siswa yang di peroleh dari nilai hasil test akhir sebanyak 40 soal objektif yang dilakukan setelah penelitian dan sumber data adalah nilai siswa. Kemudian data diolah dengan menggunakan uji t (t-test). Hasil penelitian terlihat bahwa siswa pada kelas eksperimen yang menggunakan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) memiliki rata-rata nilai (71,57) lebih tinggi jika dibandingkan dengan siswa kelas kontrol yang tidak menggunakan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) memiliki rata-rata nilai (66,57). Berdasarkan perhitungan t-test diperoleh t hitung 2,520 sedangkan pada taraf kepercayaan t tabel adalah 1,671. Dengan demikian penggunaan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) memberi pengaruh yang Signifikan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK di kelas VIII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang Kab. Padang Pariaman tahun ajaran 2012/ 2013.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model PAKEM, Hasil Belajar, TIK
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 14:23
Last Modified: 01 May 2025 14:23
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9355

Actions (login required)

View Item
View Item