Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Dengan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat di SMK Negeri 2 Lubuk Basung

Putra, Aswatul (2018) Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Dengan Metode Ceramah Pada Mata Pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat di SMK Negeri 2 Lubuk Basung. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_03_ASWATUL_PUTRA_1201885_336_2018.pdf] Text
B1_03_ASWATUL_PUTRA_1201885_336_2018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat kelas XI TKL 1 di SMK Negeri 2 Lubuk Basung dengan penerapan metode pembelajaran Problem Solving. Masalah yang melatar belakangi penelitian pelajaran IPLBB ini adalah siswa belum mampu untuk berfikir kritis dan kreatif untuk memecahkan masalah yaitu proses pembelajaran masih belum mengarahkan pada peran aktif siswa, proses pembelajaran yang belum efektif dan efisien dan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pelajaran siswa sehingga siswa tidak mandiri dalam meyelesaikan tugas. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (quasi ekperiment). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI TKL 1 SMK N 2 Lubuk Basung yang terdaftar pada tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari 22 orang siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan hasil posttest berupa soal objektif sebanyak 32 item yang sudah di uji validitas dengan 32 soal yang valid, reliabilitas instrumen sebesar 0,92 ,indeks kesukaran dengan 33 soal dalam kategori sedang, 6 soal dalam kategori mudah, 1 soal dalam kategori sukar ,dan daya beda soal dengan 6 soal berkategori baik sekali, 22 kategori baik, 3 soal kategori cukup, dan 9 soal berkategori jelek. Data yang sudah diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji beda dua rata-rata (uji t). Dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 85,32 dan nilai rata-rata kelas kontrol 75,77. Dengan analisis uji t diperoleh ttabel sebesar= 2,002 yaitu lebih kecil dari thitung = 4,993 pada taraf signifikansi 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa menggunakan penerapan metode problem solving dengan metode ceramah pada mata pelajaran Instalasi Penerangan Listrik Bangunan Bertingkat kelas XI TKL di SMK N2 Lubuk Basung.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Problem solving, Instalasi penerangan listrik bangunan bertingkat, Hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro-S1
Depositing User: AKILMI AKILMI
Date Deposited: 01 May 2025 14:22
Last Modified: 01 May 2025 14:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9354

Actions (login required)

View Item
View Item