Efektivitas Teknik Jarikubaca Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata bagi Anak Disleksia: Single Subject Research Kelas II SDN 18 Pauh Padang

Sandriani, Ozila (2013) Efektivitas Teknik Jarikubaca Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Kata bagi Anak Disleksia: Single Subject Research Kelas II SDN 18 Pauh Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_OZILA_SANDRIANI_11646_3961_2013.pdf] Text
B1_2_OZILA_SANDRIANI_11646_3961_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari kenyataan bahwa pada kurikulum pendidikan di Indonesia menuntut anak untuk lebih cepat bisa membaca, namun pada kenyataan yang peneliti temukan banyak anak yang belum bisa membaca, apalagi membaca
kata. Peneliti menemukan masalah yang di alami seorang anak yang belum bisa membaca kata, khususunya membaca kata vokal rangkap. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas jarikubaca dalam meningkatkan kemampuan membaca kata bagi anak disleksia di SDN 18 Koto Luar Padang.
Jenis penelitian yang digunakan adalah single subject research dengan desain AB.A Prosedur perekaman data dengan cara pengamatan secara langsung terhadap kemampuan hasil latihan yang diberikan pada anak X. Data direkam melalui prosedur Event Recording yaitu memberi tanda ceklist (√) pada sejumlah hasil bacaan yang dibaca dengan tepat. Jenis target behaviournya adalah persentase. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan anak X dalam membaca kata vokal rangkap dapat meningkat secara signifikan. Hasil penelitian
yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline sebanyak tujuh kali dan kondisi intervensi sebanyak delapan kali dan baseline akhir sebanyak lima kali.Hal ini menunjukkan pada kondisi basiline (A) kemampuan
membaca kata vokal rangkap pada anak disleksia rendah yaitu 25%. Kemudian pada kondisi treatment (B) menjadi 100%, dan kemampuan anak setelah tidak diberi intervensi lagi ialah stabil 100%. Dengan demikian maka kemampuan anak dalam membaca kata yang berupa merek kemasan produk meningkat sebanyak 75%. Hal ini terbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta Overlap pada analisis data 0%. Oleh karena itu disarankan pada guru dalam membaca kata khususnya membaca kata vokal rangkap bagi anak disleksia agar menggunakan teknik jarikubaca untuk meningkatkan kemampuan membaca kata anak.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 14:22
Last Modified: 01 May 2025 14:22
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9353

Actions (login required)

View Item
View Item