Efektivitas Metode SQRQCQ Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Anak Berkesulitan Belajar: Single Subject Research Kelas III di SDN 14 Koto Lalang Padang

Yundasari, Ovitri (2015) Efektivitas Metode SQRQCQ Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika pada Anak Berkesulitan Belajar: Single Subject Research Kelas III di SDN 14 Koto Lalang Padang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_OVITRI_YUNDASARI_1100250_3598_2015.pdf] Text
B1_2_OVITRI_YUNDASARI_1100250_3598_2015.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitan ini dilatarbelakangi karena banyaknya permasalahan yang dialami oleh anak dalam belajar matematika, salah satu permasalahannya adalah kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan efektivitas metode SQRQCQ dalam meningkatkan kemampuan
menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran pada anak berkesulitan belajar di SDN 14 Koto Lalang Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah single subject research dengan desain A-B.A Prosedur perekaman data dengan cara pengamatan secara langsung terhadap kemampuan hasil latihan yang diberikan pada anak X. Data direkam melalui prosedur Event Recording yaitu memberi tanda ceklist (√) pada soal yang dijawab benar. Jenis target behaviournya adalah frekuensi. Teknik analisis data yang digunakan berdasarkan pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of
Grafik. Hasil penelitian ini menunjukkan hasil penelitian yang dianalisis mencakup jumlah pengamatan pada kondisi baseline awal enam kali dengan kemampuan menyelesaikan soal cerita pada nilai 0, intervensi delapan kali dengan nilai 5 dan baseline akhir lima kali dengan nilai 5. Hal ini terbukti dari hasil analisis dalam kondisi dan antar kondisi menunjukkan estimasi kecenderungan arah, kecenderungan kestabilan, jejak data dan tingkat perubahan yang meningkat secara positif, serta Overlape pada analisis data 0%. Oleh karena itu disarankan pada guru agar menggunakan metode SQRQCQ untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita operasi hitung campuran pada anak berkesulitan belajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 14:19
Last Modified: 01 May 2025 14:20
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9347

Actions (login required)

View Item
View Item