Studi Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Menggunakan Modul dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe One Stay and The Other Stray dengan Tipe Jigsaw pada Kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar Tahun Pelajaran 2011/2012.

Wati, Widya (2012) Studi Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa yang Menggunakan Modul dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe One Stay and The Other Stray dengan Tipe Jigsaw pada Kelas XI SMA Negeri 1 Batusangkar Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WIDYA_WATI_01864_677_2012.pdf] Text
B1_3_WIDYA_WATI_01864_677_2012.pdf

Download (13MB)

Abstract

Permasalahan dalam pembelajaran biologi di SMA Negeri 1 Batusangkar adalah proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran yang kurang bervariasi dan kurangnya persiapan siswa sebelum mengikuti pembelajaran. Hal itu membuat siswa kurang termotivasi dan kurang aktif dalam pembelajaran. Salah satu usaha guru agar siswa selalu aktif dan termotivasi dalam belajar yaitu dengan menerapkan modul dalam model pembelajaran kooperatif tipe One Stay and The Others Stray dan tipe Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan hasil belajar biologi siswa yang menggunakan modul dalam model pembelajaran pembelajaran kooperatif tipe One Stay and The Others Stray dengan tipe Jigsaw pada kelas XI SMAN 1 Batusangkar pada tahun pelajaran 2011/2012. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan The Static Group Comparation yang dimodifikasi. Sampel dipilih menggunakan Saturation Sampling. Kelas eksperimen I (kelas XI IA4) dan kelas eksperimen II (XI IA3) ditentukan secara acak. Instrument yang digunakan yaitu tes yang diberikan di akhir pembelajaran sebanyak 40 butir soal. Dari analisis data yang terdistribusi normal dan memiliki varians homogen dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t dengan kriteria jumlah t hitung > t hipotesis kerja diterima dan sebaliknya. tabel Dari hasil ujian yang telah dilakukan di akhir pelaksanaan penelitian diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen I (77,77) lebih tinggi dari kelas eksperimen II (66,75). Berdasarkan hasil analisis data pada taraf nyata (α) = 0,05 dengan derajat kebebasan 56(29: 27) didapatkan t hitung = 3,77 dan harga t = 1,67, t hitung > t , maka hipotesis kerja diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan hasil belajar biologi siswa antara menggunakan modul dalam model pembelajaran kooperatif tipe One Stay and The Others Stray dengan tipe Jigsaw. Jadi, dengan kata lain hasil belajar biologi siswa yang menggunakan modul dalam model pembelajaran kooperatif tipe One Stay and The Others Stray lebih baik daripada penerapan modul dalam model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 14:19
Last Modified: 01 May 2025 14:19
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9346

Actions (login required)

View Item
View Item