Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sago

Widiawati, Widiawati (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Active Learning Tipe The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sago. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_3_WIDIAWATI_ 04071_1730_2013.pdf] Text
B1_3_WIDIAWATI_ 04071_1730_2013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi masih kurangnya sarana dan prasarana untuk menunjang proses pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi di SMP Negeri 1 Padang Sago, sehingga pembelajaran hanya dliakukan di kelas saja.Kurang tertariknya siswa dengan pembelajaran konvensional dan masih berpusat pada guru (Teacher Centre) serta proses pembelajaran masih menggunakan metode ceramah, sehingga hasil belajar siswa tidak sesuai dengan yang diharapkan. Untuk mengatasi hal itu maka diterapkan strategi Active Learning Tipe The Power Of Two dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh dari penerapan strategi Active Learning Tipe The Power Of Two terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran TI&K di kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sago.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang bersifat quasy eksperiment. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Padang Sago yang berjumlah 151 orang yang terdiri dari empat kelas. Teknik penarikan sampel menggunakan purposive sampling, yaitu kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII.1 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar, dengan alat pengumpul data yaitu lembaran soal tes dan lembar jawaban siswa. Data yang diperoleh diolah dengan uji perbedaan (t-tes) yang sebelumnya dilakukan uji normalitas dengan uji Liliefors dan uji homogenitas dengan uji Barlet. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata kelompok eksperimen yang menerapkan strategi Active Learning Tipe The Power Of Two sebesar 73,55 dan SD 8,59, nilai rata-rata kelompok kontrol 67,24 dan SD 8,79. Hasil perhitungan t-tes diperoleh t hitung i 3,12 sedangkan t tabel untuk taraf kepercayaannya 0.05 adalah 2,000, sehingga t hitung > t tabel. Maka terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang menerapkan strategi Active Learning Tipe The Power Of Two (kelas eksperimen) dengan hasil belajar siswa yang menggunakan model konvensional (kelas kontrol). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Active Learning Tipe The Power Of Two berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VIII pada mata pelajaran TI&K di SMP Negeri 1 Padang Sago.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1
Depositing User: MUKHLIS MUKHLIS
Date Deposited: 01 May 2025 13:25
Last Modified: 01 May 2025 13:25
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9329

Actions (login required)

View Item
View Item