Askar, Wahyu Purnama (2012) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Teams Assisted Individualization pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMAN 1 Bukit Sundi Tahun Pelajaran 2011/2012. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_WAHYU PURNAMA ASKAR_04930.pdf [thumbnail of B1_2_WAHYU PURNAMA ASKAR_04930.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_WAHYU PURNAMA ASKAR_04930.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pembelajaran matematika masih dianggap sulit dipahami dan dipelajari oleh siswa, siswa kurang memahami penjelasan yang diberikan guru. Ini mengakibatkan siswa kurang antusias dalam pembelajaran sehingga hasil belajar matematika siswa rendah. Melihat permasalahan ini, maka diterapkan pembelajaran kooperatif tipe TAI yang diperkirakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari permasalahan tersebut, tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Apakah aktivitas dan hasil belajar siswa yang menggunakan model Pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Hipotesis penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari pada menggunakan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan rancangan randomized control group only desain. Sampel dipilih secara acak dari populasi penelitian yaitu siswa kelas X SMAN 1 Bukit Sundi tahun pelajaran 2011/2012 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI dan kelas X 1 3 sebagai kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen untuk penelitian ini adalah lembar observasi dan tes hasil belajar berupa tes essay. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji hipotesis yaitu uji t pada tingkat signifikansi = 0,05. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa aktivitas belajar matematika siswa mengalami fluktuasi. Dari analisis data hasil belajar, diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah 78,71 sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 66,28. Pada kelas eksperimen, siswa yang memperoleh nilai di atas KKM adalah 71,43% dan pada kelas kontrol 42,86%. Dari hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang menggunakan pembelajaran kooperatif tipe TAI lebih baik dari pada menggunakan pembelajaran konvensional.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model pembelajaran kooperaitf teams assisted individualization, Pembelajaran matematika |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:25 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:25 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9328 |