Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 3 Padang Panjang

Sesioria, Ossa (2013) Pengaruh Penerapan Strategi Metakognitif Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa SMAN 3 Padang Panjang. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_OSSA_SESIORIA_68108_6214_2013.pdf] Text
B1_2_OSSA_SESIORIA_68108_6214_2013.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kemampuan menginterpretasi hubungan sebab-akibat pada setiap
peristiwa sejarah siswa masih rendah, disebabkan oleh berbagai faktor salah satunya proses pembelajan sejarah yang masih berupa penyampaian informasi yang menjadikan peserta didik hanya mampu mengingat. Salah satu tujuan dari
pembelajaran sejarah untuk melatih kemampuan berpikir kritis peserta didik untuk menginterpretasikan hubungan sebab-akibat pada setiap peristiwa sejarah. Salah satu upaya untuk dapat meningkatkan menginterpretasi hubungan sebab-akibat sejarah melalui strategi Metakognitif . Penelitian ini
bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi Metakognitif terhadap hasil belajar sejarah siswa SMA N 3 Padang Panjang. Manfaat penelitian ini adalah untuk memberikan masukan dan mendorong guru sejarah
berkreatifitas dalam menggunakan strategi pembelajaran sehingga dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam memahami materi sejarah serta dapat meningkatkan hasil belajar sejarah.Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, yang mana data diperoleh melalui eksperimen langsung pada siswa kelas XI IPS SMA N 3 Padang Panjang yang jumlah siswanya 157 orang yang terbagi dalam lima kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini diambil berdasarkan Random
Kelompok dengan asumsi bahwa setiap kelompok memiliki kemampuan dan kebiasaan belajar sejarah yang sama. Pengambilan sampel dilakukan sebanyak dua kelas, untuk kelas eksperimen yaitu kelas XI IPS 2 dan kelas kontrol ialah
kelas XI IPS 4.Setelah dilakukan penelitian didapat bahwa hasil belajar menginterpretasikan hubungan sebab-akibat sejarah pencapaian kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol. Hal ini terlihat dari perbedaan nilai
rata-rata pree-test kelas eksperimen 1,7 dan kelas kontrol 1. 8 dan perbedaan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 6.06 dan kelas kontrol 4.17. Dengan demikian peningkatan hasil belajar interpretasi hubungan sebabakibat
sejarah kelas eksperimen lebih tinggi dari hasil belajar kelas kontrol.Dari analisa hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi Metakognitif berpengaruh secara nyata/signifikan terhadap hasil belajar siswa dalam menginterpretasikan hubungan sebab akibat materi
pelajaran sejarah kelas XI IPS SMA Negeri 3 Padang Panjang.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: Sri Yulianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 13:17
Last Modified: 01 May 2025 13:17
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9327

Actions (login required)

View Item
View Item