Effendi, Annisa Yuliani (2019) Gambaran Bimbingan Orang Tua dalam Membentuk Kemandirian Anak Usia Dini di Jorong Nagari Gadang Kecamatan Akabiluru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_04_ANNISA _YULIANI _EFFENDI_14005036_2140_2019.pdf [thumbnail of B1_04_ANNISA _YULIANI _EFFENDI_14005036_2140_2019.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_04_ANNISA _YULIANI _EFFENDI_14005036_2140_2019.pdf
Download (3MB)
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh bagusnya kemandirian anak usia dini di TK AISYIYAH. Tujuan dari penelitian ini untuk menggambarkan bimbingan orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia dini melalui dukungan orang tua, keteladanan orang tua, dan komunikasi orang tua. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah orang tua (ibu) yang memiliki anak usia dini yang berjumlah 26 orang. Sampel diambil sebanyak 80 % dari jumlah populasi yaitu sebanyak 21 orang. Teknik penarikan sampel yang digunakan adalah proportionate stratified random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Sedangkan alat pengumpulan data menggunakan daftar pernyataan (kuesioner). Teknik analisis data menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bimbingan orang tua dalam membentuk kemandirian anak usia dini melalui: (1) dukungan orang tua, (2) keteladanan orang tua, dan (3) komunikasi orang dikategorikan sangat baik. Hal ini dibuktikan sebagian besar orang tua memilih alternatif jawaban “selalu”. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan orang tua dapat mempertahankan bimbingan kepada anak di Jorong Nagari Gadang Kecamatan Akabiluru.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bimbingan, kemandirian |
Subjects: | H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah-S1 |
Depositing User: | RAJANA RAJANA |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:17 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:17 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9324 |