Loka, Widia Pita (2013) Perbandingan Hasil Belajar Biologi Siswa Diawali Pemberian Tugas Rumah Berupa Mind Map dengan Peta Konsep Bergasmbar pada Pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_WIDIA_PITA_LOKA_96839_5558_2013.pdf [thumbnail of B1_3_WIDIA_PITA_LOKA_96839_5558_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_WIDIA_PITA_LOKA_96839_5558_2013.pdf
Download (3MB)
Abstract
Proses pembelajaran biologi di SMP Pembangunan Laboratorium UNP masih belum terlaksana sesuai dengan yang diharapkan, sehingga berakibat pada hasil belajar siswa menjadi rendah. Cara untuk meningkatkan hasil belajar siswa tersebut digunakan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan serta kondisi siswa. Salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal ini adalah memberi tugas rumah dengan menggunakan strategi pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving. Tugas rumah yang diberikan berbentuk mind map dan peta konsep bergambar. Pemberian tugas bertujuan agar siswa memiliki kesiapan saat proses pembelajaran. Tugas rumah berupa mind map dan peta konsep bergambar ini masing-masing memiliki kelebihan yang berbeda. Namun belum diketahui kedua bentuk tugas rumah ini memiliki perbedaan yang berarti terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, penulis melakukan penelitian untuk mengetahui perbandingan hasil belajar biologi siswa diawali pemberian tugas rumah berupa mind map dengan peta konsep bergambar pada pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dengan rancangan The Static Group Comparison. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Pembangunan Laboratorium UNP yang terdaftar pada semester dua tahun pelajaran 2012/2013. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Purposive Clusster Sampling yang dimodifikasi. Sampel penelitian adalah kelas VII.B (34 orang) sebagai kelas eksperimen I dan kelas VII.D (31 orang) sebagai kelas eksperimen II. Data merupakan data primer yang langsung diperoleh dari sampel berupa hasil belajar siswa pada ranah kognitif. Teknik analisis data menggunakan uji kesamaan dua rata-rata atau t test. Berdasarkan hasil tes akhir diperoleh rata-rata hasil belajar biologi siswa, nilai rata-rata siswa pada kelas eksperimen II (76,26) lebih tinggi daripada eksperimen I (72,2). Hasil uji t didapatkan t hitung (1,71) lebih besar dari t tabel (1,67), yang berarti bahwa terdapat perbedaan hasil belajar yang berarti antara kelas yang diawali pemberian tugas berupa mind map dengan peta konsep bergambar pada pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving di SMP Pembangunan Laboratorium UNP. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar biologi siswa diawali pemberian tugas berupa peta konsep bergambar lebih baik daripada mind map pada pembelajaran Thinking Aloud Pair Problem Solving.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Hasil Belajar, Mind Map, Thinking Aloud Pair Problem Solving |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:15 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:16 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9320 |