Apriani, Nola (2011) Using SWELL (Social-interactive Writing for English Language Learners) in Teaching Writing in Senior High Schools. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_NOLA_APRIANI_77159_1831_2011.pdf [thumbnail of B1_NOLA_APRIANI_77159_1831_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_NOLA_APRIANI_77159_1831_2011.pdf
Download (587kB)
Abstract
Makalah ini membahas tentang meningkatkan kemampuan menulis siswa dengan metode SWELL (Social-interactive Writing for English Language Learners). Dalam metode ini, guru meminta siswa untuk bekerja secara berpasang-pasangan. Guru akan memasangkan siswa yang kemampuan menulisnya lemah dengan siswa yang kemampuan menulisnya lebih baik. Guru bertujuan agar siswa yang kemampuan menulisnya lebih baik bisa membantu siswa yang kemampuan menulisnya lemah. Selanjutnya, siswa menulis berdasarkan langkah-langkah dari SWELL yaitu ideas, draft, read, edit, best copy, dan teacher evaluate. Jadi, dalam proses kerja mereka akan terbentuk kerja yang kolaboratif. Siswa yang kemampuanya lebih baik akan membimbing siswa yang kemampuannya lemah agar bisa tercipta sebuah tulisan yang bagus. Metode ini akan menarik perhatian siswa, karena siswa bisa bebas mengeluarkan ide-ide mereka dan apabila mereka menemukan kesulitan mereka bisa menyelesaikan bersama. Apabila mereka masih mengalami kesulitan, mereka bisa bertanya pada guru. Melalui penerapan SWELL penulis berharap dapat memotivasi siswa untuk lebih aktif dan bisa mengembangkan ide-ide mereka kedalam bentuk tulisan.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Tugas Akhir) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools P Language and Literature > PE English |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa Inggris-S1 |
Depositing User: | ANDIN ANDIN |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:11 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:11 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9303 |