Ariani, Vivi (2011) Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pekerjaan Dasar Konstruksi Kayu Semester Ganjil Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Guguak Tahun Ajaran 2010/2011. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_2_VIVI_ARIANI_94124_2011.pdf [thumbnail of B1_2_VIVI_ARIANI_94124_2011.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_2_VIVI_ARIANI_94124_2011.pdf
Download (525kB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ditemuinya masalah dalam hal kurangnya motivasi belajar siswa. Hal ini terlihat dari fenomena-fenomena berikut diantaranya: kurang bersemangatnya siswa dalam melakukan praktik di workshop, tidak ada keseriusan dan konsentrasi dalam menyelesaikan tugas, siswa main-main (bersenda gurau) saat bekerja, siswa kurang mampu mengatur waktu untuk menyelesaikan tugasnya, kondisi ruangan workshop yang sempit (tidak memadai), fasilitas peralatan praktik banyak yang rusak serta tidak tersedia sesuai dengan jumlah siswa, latihan dikerjakan secara tidak serius, metode pembelajaran yang diterapkan guru kurang bervariasi, guru kurang memberikan penguatan pada siswa (ganjaran dan hukuman), dan pengelolaan kelas oleh guru belum maksimal sehingga siswa sering minta izin keluar masuk. Sejalan dengan itu, dari data 33 orang siswa sebanyak 60.61% memiliki hasil belajar yang berada dibawah standar ketuntasan. Melihat gejala tersebut maka dapat dirumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar konstruksi kayu semester ganjil siswa kelas X SMK Negeri 1 Guguak tahun ajaran 2010/2011. Hipotesis penelitian adalah terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar konstruksi kayu semester ganjil siswa kelas X di SMK Negeri Guguak tahun ajaran 2010/2011. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan korelasional, karena penelitian ini akan mengungkapkan hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar konstruksi kayu semester ganjil siswa kelas X di SMK Negeri 1 Guguak tahun ajaran 2010/2011. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Guguak yang berjumlah sebanyak 33 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah ”total sampling” sebab seluruh populasi siswa kelas X jurusan teknik bangunan sebanyak 33 orang di SMK Negeri 1 Guguak dijadikan sampel penelitian. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket dengan jumlah butir pernyataan sebanyak 38 butir. Data yang diperoleh dianalisis dengan program SPSS 13.00 menggunakan metode Pearson atau sering juga disebut Product Moment Pearson dan Correlation Partial. Dari hasil analisis Product Moment Pearson diperoleh hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar dengan r korelasi sebesar 0,762 > 0.05. Jadi dapat disimpulkan bahwa hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima, yaitu terdapat hubungan yang signifikan (kuat) antara motivasi belajar dengan hasil belajar pekerjaan dasar konstruksi kayu semester ganjil siswa kelas X di SMK Negeri 1 Guguak tahun ajaran 2010/2011. Kemudian dari hasil analisis Correlation Partial, didapat korelasi antara motivasi belajar dengan hasil belajar dimana indikator perhatian, relavansi, percaya diri dan kepuasan dikendalikan (dibuat tetap) adalah 0.714, 0.487, 0.646, 0.676 yang menunjukkan bahwa terjadi hubungan kuat antara motivasi belajar dengan hasil belajar jika indikator perhatian, relevansi, percaya diri dan kepuasan dibuat tetap.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Pekerjaan Dasar Konstruksi Kayu |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TH Building construction |
Divisions: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Bangunan-S1 |
Depositing User: | KEISHA KEISHA |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:09 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:09 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9294 |