Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IS SMAN 1 Kecamatan Akabiluru

Alyasni, Vivi (2013) Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Aktif Tipe Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap Hasil Belajar Sejarah Kelas XI IS SMAN 1 Kecamatan Akabiluru. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_VIVI_ALYASNI_05512_1230_2013.pdf] Text
B1_2_VIVI_ALYASNI_05512_1230_2013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pembelajaran sejarah di SMAN 1 Kecamatan Akabiluru memperlihatkan indikasi, dimana siswa sulit untuk menafsirkan suatu fakta sejarah menjadi konsep. Dalam mengatasi masalah ini peneliti menggunakan Model ETH, karena dengan model ini siswa dilatih menginterpretasikan fakta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penggunaan Model Belajar Aktif Tipe ETH terhadap hasil belajar siswa dalam menginterpretasikan fakta pada mata pelajaran sejarah kelas XI IS SMAN 1 Kec. Akabiluru. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan desain penelitian pretest-Posttest Control Group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI IPS yang berjumlah 81 orang. Sampel dalam penelian ini menggunakan teknik total sampling, karena hanya terdiri dari 2 kelas dan seluruh populasi langsung menjadi sampel. Dimana untuk kelas eksperimen adalah kelas XI IS 1 dan kelas kontrol adalah kelas XI IS 2. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah uji hipotesis melalui uji t pada taraf nyata 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model belajar aktif tipe ETH cocok untuk menginterpretasikan fakta sejarah secara keseluruhan dibandingkan metode ceramah. Namun setelah dianalisis lebih lanjut ternyata berdasarkan pola perkembangan atau gerak perubahan model belajar aktif tipe ETH ini lebih cocok. Selanjutnya berdasarkan topik kerajaan ternyata model ETH cocok untuk materi pengulangan. Berdasarkan analisis di atas diyakini bahwa model belajar aktif tipe ETH lebih baik jika cara belajar siswa terstruktur, materi pengulangan. Dengan demikian dapat disarankan agar guru mengemukakan struktur materi yang akan dipelajari anak, kemudian guru menyuruh anak untuk belajar di rumah sebelum belajar di sekolah, jika buku teks kurang lengkap guru harus membuat bahan ajar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran aktif, Hasil belajar, Sejarah
Subjects: D History General and Old World > D History (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 01 May 2025 13:09
Last Modified: 01 May 2025 13:09
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9288

Actions (login required)

View Item
View Item