Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Pantai Carocok Paianan Pesisir Selatan

Ikhlas, Reda (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pengunjung di Objek Wisata Pantai Carocok Paianan Pesisir Selatan. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_REDA_IKHLAS_55614_1819_2017.pdf] Text
B1_04_REDA_IKHLAS_55614_1819_2017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari pengamatan peneliti serta hasil pra penelitian di objek wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan, dimana masih adanya keluhan pengunjung tentang pelayanan yang diterima oleh pengunjung belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung di objek wisata Pantai Carocok Painan Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif (assosiatif) dengan pendekatan kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung yang datang berkunjung ke Pantai Carocok, pada periode satu tahun terakhir yaitu Januari – Desember 2015 dengan jumlah rata-rata 66.547 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil dengan menggunakan rumus Riduan. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui menyebarkan kuesioner (angket) dengan menggunakan skala likert yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Teknik analisis data menggunakan bantuan program komputer SPSS versi 16.00. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut: (1) kualitas pelayanan berada pada kategori sangat baik (46%). (2) kepuasan pengunjung berada pada kategori sangat baik (71%). Hasil uji hipotesis regresi linear sederhana diperoleh F Hitung 135,526 dengan nilai Sig. 0,000 < 0,005, maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X terhadap Y dengan R square 0,580. Artinya kualitas pelayanan mempengaruhi kepuasan pengunjung sebesar 58%, sedangkan 42% diduga dipengaruhi oleh faktor lain seperti kualitas produk, harga, emosional dan biaya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas, Pelayanan dan Kepuasan Pengunjung
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GV Recreation Leisure
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 01 May 2025 13:08
Last Modified: 01 May 2025 13:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9284

Actions (login required)

View Item
View Item