Satma, Welqi (2012) Pengembangan Bahan Ajar Multimedia Interaktif dengan Aplikasi Macromedia Authorware 7.0 Pada Mata Pelajaran TI&K Kelas XI di SMA. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_3_WELQI_SATMA_01223_2826_2012.pdf [thumbnail of B1_3_WELQI_SATMA_01223_2826_2012.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_3_WELQI_SATMA_01223_2826_2012.pdf
Download (2MB)
Abstract
Salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pelaksaan program pembelajaran adalah guru. Guru diyakini sebagai salah satu faktor dominan yang menentukan tingkat keberhasilan siswa dalam mencapai hasil pada proses pembelajaran. Dalam kurikulum berbasisis kompetensi, salah satu kompetensi guru yang harus ditingkatkan adalah kemampuan dalam menggunakan media pembelajaran, guru harus mampu memilih dan menggunakan media pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswanya, agar pembelajaran menjadi efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan (1) Menghasilkan bahan ajar mutimedia interaktif dengan aplikasi Macromedia Authorware 7.0 dalam bentuk CD pembelajaran yang berkualitas sesuai dengan kriteria kelayakan media. (2)Mengetahui kelayakan dalam pengembangan bahan ajar multimedia interaktif dengan aplikasi Macromedia Authorware 7.0 pada mata pelajaran TI&K melalui validasi beberapa pakar. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan model prosedural dengan subjek penelitian 4 orang responden, yang terdiri dari dua orang validator ahli media dan dua orang validator ahli materi yakni dosen UNP, dosen AMIKSTIMIK Jaya Nusa dan Guru SMA Negeri 10 Padang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah dokumentasi dan format penilaian dengan kriteria yang meliputi aspek isi materi dan aspek media. Data di analisis secara deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kualitas multimedia interaktif dalam pembelajaran TI&K. Hasil analisis menunjukkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif yang berjudul belajar mudah TI&K, Akses Internet, berada pada kategori sangat baik (87%), memiliki jumlah rerata skor sebesar 4,35 (skor maksimum 5). Untuk aspek isi materi program termasuk dalam kategori Sangat Baik (93%) jumlah rerata skor sebesar 4,65 (skor maksimum 5). dan kualitas tampilan program termasuk dalam kategori Sangat Baik (81%) jumlah rerata skor sebesar 4,07 (skor maksimum 5). Hasil tersebut menunjukkan bahwa bahan ajar multimedia interaktif ini layak digunakan sebagai sumber belajar dan media alternatif dalam memecahkan masalah belajar TI&K di SMA.
Item Type: | Thesis (Bachelor/Skripsi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Multimedia Interaktif, Macromedia |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan-S1 |
Depositing User: | MUKHLIS MUKHLIS |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:08 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:08 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9283 |