Penerapan Media Batang Cuisenaire dalam Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan bagi Anak Down Syndrom: Single Subject Research DV C1 di SLB Negeri Ampek Angkek Kabupaten Agam

Wahyuni, Vivi (2012) Penerapan Media Batang Cuisenaire dalam Meningkatkan Kemampuan Pengurangan Bilangan bagi Anak Down Syndrom: Single Subject Research DV C1 di SLB Negeri Ampek Angkek Kabupaten Agam. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_VIVI WAHYUNI_03926_2012.pdf] Text
B1_2_VIVI WAHYUNI_03926_2012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang nampak dilapangan yaitu seorang anak Down Syndrom DV C1 di SLB Negeri Ampek Angkek Kabupaten Agam yang mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung pengurangan bilangan. Hal ini terlihat dari kemampuan awal anak dalam mengerjakan soal operasi hitung pengurangan bilangan, anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal yang diberikan dan anak belum dapat menjawab dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung pengurangan bilangan anak Down Syndrom DV C1 melalui media Batang Cuisenaire. Batang cuisenaire merupakan media yang dapat digunakan dalam pengurangan bilangan, media ini terbuat dari kayu yang berukuran 1 cm serta memiliki warna yang berbeda-beda. Metodologi penelitian Single Subject Research dengan desain penelitian desain A-B. Dimana kondisi baseline (A) yaitu kemampuan awal anak daalam pengurangan bilangan sebelum diberikan perlakuan. Sedangkan kondisi intervensi (B) yaitu kondisi dimana anak diberikan perlakuan dengan media batang cuisenaire. Pengamatan data dalam bentuk Visual Analysis of Grafik Berdasarkan hasil penelitian ini terlihat bahwa kemampuan anak dalam menjawab soal pengurangan bilangan meningkat setelah diberikan media batang cuisenaire. Hasil penelitian ini pada fase baseline dilakukan sebanyak 7 kali dan kondisi intervensi dilakukan sebanyak 8 kali. Arah kecenderungan data menunjukkan adanya perubahan dalam kemampuan pengurangan bilangan pada anak X kearah yang lebih baik. Pada kondisi baseline tingkat perubahan (20%) dan pada kondisi intervensi tingkat perubahan (40%). Dengan demikian hipotesis diterima, bahwa media Batang Cuisenaire dapat digunakan dalam meningkatkan kemampuan pengurangan bilangan bagi anak Down Syndrom kelas DV C1. Disarankan bagi guru kelas atau guru mata pelajaran matematika agar dapat menggunakan media Batang Cuisenaire kepada anak Down Syndrom dalam mengajarkan menghitung pengurangan bilangan.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penerapan media batang cuisenaire, Kemampuan pengurangan bilangan, Anak down syndrom
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 01 May 2025 13:08
Last Modified: 01 May 2025 13:08
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9282

Actions (login required)

View Item
View Item