Tinjauan Kualitas Item Tes Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Kota Padang dengan Menggunakan Teori Respon Butir (Item Response Theory)

Liana, Viska (2016) Tinjauan Kualitas Item Tes Ujian Semester Ganjil Mata Pelajaran Sejarah Indonesia di SMA Kota Padang dengan Menggunakan Teori Respon Butir (Item Response Theory). Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_VISKA_LIANA_1106539_1143_2016.pdf] Text
B1_2_VISKA_LIANA_1106539_1143_2016.pdf

Download (6MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah belum diketahuinya kualitas item tes ujian semester ganjil mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA kota Padang. Kualitas item tes merupakan aspek penting untuk mengetahui hasil belajar siswa yang sesungguhnya. Kualitas item tes dapat dilihat dari: Validitas, Reliabilitas, Standard Error of Measurement (SEM), dan Tingkat Kesukaran item tes dengan menggunakan teori respon butir pendekatan model logistik satu parameter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas item tes ujian semester mata pelajaran sejarah Indonesia di SMA kota Padang. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Lokasi penelitian yaitu di SMA kota Padang. Populasi penelitian adalah seluruh naskah lembar jawaban siswa kelas X di SMA kota Padang dan sampel penelitian adalah naskah lembar jawaban siswa kelas X di SMA Negeri 2 Padang, SMA Negeri 3 Padang, dan SMA Negeri 7 Padang yang berjumlah 809 lembar jawaban siswa terdiri dari 425 untuk soal ujian mata pelajaran sejarah Indonesia paket A dan 384 lembar jawaban siswa untuk soal paket B. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan program quest. Hasil penelitian menunjukkan tes ujian mata pelajaran sejarah sudah valid dari segi validitas isi, karena sesuai dengan materi uji dan indikator pencapaian dalam kisi-kisi soal yang dibuat MGMP Sejarah. Reliabilitas tes ujian mata pelajaran sejarah Indonesia paket A adalah 0,73 dan 0,85 untuk soal paket B yang berarti memiliki reliabilitas tinggi. SEM yang diperoleh untuk soal ujian mata pelajaran sejarah Indonesia paket A yaitu 2,73 dan 3,04 soal paket B. Tingkat kesukaran item tes ujian semester mata pelajaran sejarah Indonesia paket A sebanyak 4 item kategori sukar, 15 item kategori sedang, 31 item kategori mudah, sedangkan soal paket B terdapat 2 item kategori sukar, kategori sedang 22 item, kategori mudah 26 item. Dari segi kecocokan item tes dengan model, setiap item tes sudah fit atau cocok dengan model logistik satu parameter. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan kualitas item tes ujian mata pelajaran sejarah Indonesia kelas X di SMA kota Padang dengan menggunakan teori respon butir di katakan kurang baik, sehingga masih perlu direvisi kembali.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Item Tes, Soal Ujian Semester Mata Pelajaran Sejarah Indonesia, Teori Respon Butir
Subjects: D History General and Old World > DS Asia
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah-S1
Depositing User: KEISHA KEISHA
Date Deposited: 01 May 2025 13:07
Last Modified: 01 May 2025 13:07
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9276

Actions (login required)

View Item
View Item