Yandri, Hengki (2013) Pengembangan Modul Bimbingan dan Konseling untuk Pencegahan Bullying di Sekolah. Masters/Tesis thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_1_HENGKI_YANDRI_19115_642_2013.pdf [thumbnail of B1_1_HENGKI_YANDRI_19115_642_2013.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_1_HENGKI_YANDRI_19115_642_2013.pdf
Download (1MB)
Abstract
Modul merupakan suatu perangkat pembelajaran yang membahas tentang
suatu pokok bahasan yang disusun secara sistematis dan berurutan untuk
memudahkan siswa mencapai dan menguasai suatu kompetensi yang tepat sasaran
disertai dengan pedoman penggunaannya untuk guru. Modul dapat dimanfaatkan
oleh guru BK/Konselor dalam melaksanakan layanan untuk melakukan pencegahan
atau pengentasan permasalahan siswa yang ada di sekolah seperti tindakan bullying.
Fenomena di lapangan ditemukan adanya indikasi terjadinya tindakan bullying
dikalangan siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) merumuskan modul
bimbingan dan konseling untuk pencegahan bullying di sekolah yang layak secara
isi untuk digunakan oleh guru BK/Konselor, dan (2) mendeskripsikan tingkat
keterpakaian rumusan modul bimbingan dan konseling untuk pencegahan bullying
di sekolah oleh guru BK/Konselor.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian
pengembangan, dengan mengikuti langkah pengembangan model ADDIE (Analyze,
Design, Development, Implementation, and Evaluation). Subjek uji coba penelitian
terdiri dari (1) ahli isi di bidang bimbingan dan konseling, dan (2) sasaran pengguna
produk (guru BK/Konselor), yang diambil dengan menggunakan metode purposive
sampling, sehingga diperoleh subjek uji coba penelitian yaitu 3 orang ahli isi,
1 orang guru BK untuk uji coba perseorangan, dan 3 orang Konselor untuk uji coba
keterpakaian. Penelitian ini dilakukan dengan mengujicoba produk penelitian dan
memberi penilaian dengan mengisi angket dan melakukan Focus Group Discussion
(FGD), selanjutnya data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) modul bimbingan dan konseling
yang dikembangkan secara isi layak digunakan oleh guru BK/Konselor untuk
pencegahan bullying di sekolah, dan (2) modul bimbingan dan konseling yang
dikembangkan dapat dimanfaatkan/dipakai oleh guru BK/Konselor untuk
pencegahan bullying di sekolah. Berdasarkan hasil penelitian, maka secara umum
dapat disimpulkan bahwa produk penelitian yang berupa modul bimbingan dan
konseling untuk pencegahan bullying di sekolah dinyatakan layak secara isi dan
dapat dimanfaatkan/dipakai oleh guru BK/Konselor dalam usaha pencegahan
bullying di sekolah pada jenjang SLTA.
Item Type: | Thesis (Masters/Tesis) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODUL, PENSEGAHAN BULLYING |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Bimbingan dan Konseleling-S2 |
Depositing User: | Umma Mardhotillah A.Md. |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:04 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:05 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9264 |