Developing Senior High School Students’ Speaking Ability by Using Peer-Assessment

Weny, Nanik Marlina Sri (2011) Developing Senior High School Students’ Speaking Ability by Using Peer-Assessment. Bachelor/Tugas Akhir thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_NANIK_MARLINA_SRI_WENY_72658_3256_2011.pdf] Text
B1_NANIK_MARLINA_SRI_WENY_72658_3256_2011.pdf

Download (600kB)

Abstract

Kemampuan berbicara siswa merupakan salah satu bagian yang penting dalam kurikulum pengajaran Bahasa Inggris. Hal ini membuat kemampuan berbicara mempunyai penilaian tersendiri dalam proses pembelajaran. Namun, penilaian terhadap kemampuan berbicara siswa di dalam kelas sudah semakin jarang dilakukan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Faktor penyebab pertama adalah penilaian di kelas cenderung difokuskan pada kemampuan menulis siswa karena dianggap lebih efektif dan efisien sehingga penilaian terhadap kemampuan berbicara Bahasa Inggris siswa sering diabaikan. Faktor yang kedua adalah faktor waktu dimana lamanya waktu untuk menilai kemampuan berbicara siswa secara individual membuat guru kesulitan melakukan penilaian. Faktor yang ketiga adalah pengenalan terhadap aspek-aspek berbicara dalam Bahasa Inggris yang tidak pernah dilakukan guru membuat siswa kesulitan untuk meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Dalam makalah ini penulis mengenalkan salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berbicara siswa yakni dengan melakukan kegiatan penilaian antar sesama siswa (peer-assessment) di dalam kelas. Ini merupakan salah satu cara yang bisa digunakan oleh guru sebagai sarana belajar kooperatif antar siswa dalam upaya meningkatkan kemampuan berbicara mereka. Dengan menerapkan teknik ini, siswa bisa memperoleh respon langsung terhadap kemampuan berbicara dari teman sebangku atau kelompok, dan juga mempermudah guru dalam penilaian kemampuan berbicara siswa secara efisien dan efektif. Selain itu, siswa memperoleh pengetahuan terhadap aspek-aspek berbicara Bahasa Inggris yang harus mereka kembangkan. Oleh karena itu, disarankan kepada para guru agar bisa mengaplikasikan teknik ini untuk menjadikan siswa lebih termotivasi dalam berbicara dan mengembangkan kemampuan mereka berbahasa Inggris yang benar.

Item Type: Thesis (Bachelor/Tugas Akhir)
Subjects: P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-S1
Depositing User: ANDIN ANDIN
Date Deposited: 01 May 2025 13:04
Last Modified: 01 May 2025 13:04
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9262

Actions (login required)

View Item
View Item