Azhar, Zulfi (2021) Pengembangan Model Contextual Teaching and Learning dengan Pendekatan E-Learning Edmodo Pada Mata kuliah Kecerdasan Buatan. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_ZULFI_AZHAR_17193073_3888_2021.pdf [thumbnail of B1_08_ZULFI_AZHAR_17193073_3888_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_ZULFI_AZHAR_17193073_3888_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Pelaksanaan materi perkuliahan di STMIK Royal Kisaran selama ini masih
menggunakan model pembelajaran secara langsung dimana dosen memberikan
perkuliahan secara langsung kepada mahasiswa pada aktivitas belajar dan
mengajar di ruangan kelas dan juga di ruang laboratorium komputer. Berdasarkan
pengamatan terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan selama ini,
ternyata ada permasalahan yang terjadi dalam proses pembelajaran. Ketika dosen
akan menyampaikan materi pelajaran kepada mahasiswa ternyata mahasiswa
kurang fokus dalam mendengarkan, memperhatikan pada penyampaian yang
diberikan oleh dosen. Model pembelajaran yang dilaksanakan adalah model
pembelajaran secara langsung yang tidak melibatkan mahasiswa untuk mampu
berpartisipasi aktif dan interaktif selama dalam kegiatan pembelajaran
berlangsung. Nilai yang diperoleh mahasiswa pada hasil belajar mahasiswa tidak
optimal, sehingga mahasiswa belum memahami tentang tujuan dari materi
pelajaran yang mereka ikuti tersebut. Aktivitas belajar yang belum optimal akan
dapat berdampak pada kegiatan hasil belajar dan khususnya pada materi
perkuliahan selanjutnya.
Berdasarkan permasalahan tersebut pentingnya pengembangan pada
penelitian model pembelajaran konvensional tersebut ke model yang mampu
mengkonstruksi pengetahuan mahasiswa yang ada dengan menggabungkan
dengan pengetahuan baru dengan menggunakan pengetahuan artificial inteligence
dengan menghubungkannya pada model Contextual Teaching and Learning
(CTL).
Prosedur penelitian dan pengembangan model ini dilakukan dengan
menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation
dan Evaluation). Model yang dihasilkan ini menjadi model baru yang
menghasilkan 6 sintak dengan hasil produk model pembelajaran ini dinyatakan
cukup efektif dan memiliki dampak terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa
dari aspek kognitif, afektif dan psikomotor
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Contextual Teaching and Learning E-Learning Edmodo |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Pendidikan Teknologi dan Kejuruan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:03 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:03 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9255 |