Zulfa, Zulfa (2021) Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Simulasi (PBPS) untuk Mata kuliah Budaya Alam Minangkabau di Perguruan Tinggi. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.
![B1_08_ZULFA_17169023_2731_2021.pdf [thumbnail of B1_08_ZULFA_17169023_2731_2021.pdf]](https://repository.unp.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
B1_08_ZULFA_17169023_2731_2021.pdf
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh karena belum adanya model
pembelajaran yang dapat meningkatkan nilai-nilai karakter mahasiswa di
peguruan tinggi. Dari hasil analisis kebutuhan yang dilakukan, dirasakan sangat
diperlukan model pembelajaran yang dapat membantu dosen dan mahasiswa
dalam menumbuhkan kembali pengetahuan tentang budaya alam Minangkabau di
perguruan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan model pembelajaran
berbasis proyek simulasi untuk mata kuliah Budaya Alam Minangkabau di
perguruan tinggi.
Metode penelitian ini menggunakan prosedur pengembangan resarch and
development (R and D) dengan menggunakan desain pengembangan Plomp yang
melalui 3 langkah yaitu: Preliminary Research, Prototyping Phase, Dan
Assesment Phase. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa UIN Imam Bonjol dan
STKIP PGRI Sumatera Barat. Sampel diambil dengan menggunakan teknik
purposive sampling. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan, kuisioner,
pedoman wawancara, tes, panduan observasi dan lembar validasi untuk setiap
perangkat model yang dikembangkan. Instrumen penelitian divalidasi oleh pakar
atau ahli. Data yang dikumpulkan diolah dan dianalisis secara kuantitatif dan
kualitatif. Uji efektivitas model PBPS menggunakan analisis statistik parametrik
dengan uji ANOVA dua arah.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran PBPS dalam
pembelajaran Budaya Alam Minangkabau dinyatakan valid berdasarkan
karakteristik konten, kegrafikaan dan bahasa pada sistem pendukung model
pembelajaran PBPS. Hasil uji praktikalitas pada one-to-one evaluation dan small
group evaluation perangkat model pembelajaran PBPS memenuhi kriteria praktis.
Kepraktisan perangkat model PBPS dirasakan oleh mahasiswa terutama dalam
beberapa hal di antaranya; (1) tahapan proses pembelajaran mudah dipahami, (2)
buku mahasiswa sangat membantu untuk mempelajari dan memahami materi
Budaya Alam Minangkabau, dan (3) perangkat model PBPS menarik untuk
dibaca dan dipelajari. Hasil uji efektivitas model PBPS menunjukkan bahwa
penerapan model PBPS di mata kuliah Budaya Alam Minangkabau efektif untuk
membangun nilai-nilai karakter dalam literasi budaya pada aspek cognitive, felling
dan Action pada mahasiswa yang pembelajarannya menggunakan model
pembelajaran PBPS biasa.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PBPS yang peneliti
kembangkan ini valid, praktis, efektif dan layak digunakan pada pembelajaran
budaya Minangkabau di perguruan tinggi.
Item Type: | Thesis (Doctoral/Disertasi) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Budaya Alam Minangkabau |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LC Special aspects of education S Agriculture > S Agriculture (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3 |
Depositing User: | Melinda Febrianti S.IP |
Date Deposited: | 01 May 2025 13:01 |
Last Modified: | 01 May 2025 13:02 |
URI: | https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9246 |