Pengembangan Model Play-Think-Pair-Share (PTPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Pembelajaran IPA di SD

Zakirman, Zakirman (2020) Pengembangan Model Play-Think-Pair-Share (PTPS) untuk Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Memecahkan Masalah pada Pembelajaran IPA di SD. Doctoral/Disertasi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_08_ZAKIRMAN_17169022_3222_2020.pdf] Text
B1_08_ZAKIRMAN_17169022_3222_2020.pdf

Download (994kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan pemecahan
masalah siswa di tingkat SD khususnya dalam pembelajaran IPA. Untuk
mengatasi permasalahan tersebut, dikembangkan sebuah model pembelajaran
yang dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa serta tetap
memperhatikan prinsip belajar dan tahap perkembangan siswa di sekolah dasar.
Model Play-Think-Pair-Share (PTPS) merupakan solusi yang dihadirkan untuk
mengatasi permasalahan berkaitan dengan rendahnya keterampilan pemecahan
masalah siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh model PTPS
yang valid, praktis dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan
masalah siswa dalam pembelajaran IPA SD.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model Plomp
yang tediri dari tiga tahap, yaitu: Preliminary Research, Prototyping Phase dan
Assessment Phase. Pada tahapan Preliminary Research dilakukan analisis
kebutuhan yang meliputi: analisis kebutuhan guru, analisis kebutuhan siswa,
analisis kurikulum dan studi literature. Berdasarkan hasil Preliminary Research,
dilakukan perancangan model PTPS lengkap dengan sistem pendukung yang
kemudian akan dievaluasi pada tahap Prototyping Phase melalui: 1) Self
Evaluation, 2) Expert Review, 3) One to One, 4) Small Group, 5) Field Test.
Assessment Phase dilakukan untuk melihat keefektifan model. Data penelitian
diperoleh dengan observasi, menggunakan lembar penilaian, pengamatan, tes dan
angket. Untuk mengetahui dampak model PTPS dilakukan analisis dengan
pengujian hipotesis menggunakan desain faktorial 2 x 3 menggunakan Anava dua
arah.
Hasil pengujian model menunjukkan bahwa model PTPS telah valid, praktis
dan efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah
siswa dalam pembelajaran IPA di SD. Hasil validasi dari ahli menyatakan bahwa
model PTPS memiliki tingkat validitas yang baik dalam meningkatkan
keterampilan siswa dalam memecahkan masalah. Hasil uji coba menunjukkan
model PTPS dapat praktis dilaksanakan dalam kegiatan pembelajaran IPA di SD.
Perangkat pembelajaran yang mendukung keterlaksanaan model PTPS seperti
buku guru, buku siswa dan buku guru mudah untuk dipakai dan digunakan serta
memberikan manfaat yang baik dalam pembelajaran. Keefektifan model PTPS
dapat terlihat dari peningkatan keterampilan siswa yang signifikan dalam
memecahkan masalah. Dampak pengiring yang muncul saat dilaksanakannya
pembelajaran menggunakan model PTPS adalah peningkatan karakter gotong
royong siswa

Item Type: Thesis (Doctoral/Disertasi)
Uncontrolled Keywords: Model Play-Think-Pair-Share Keterampilan Siswa Pemecahan Masalah Siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Sekolah Pascasarjana > Ilmu Pendidikan-S3
Depositing User: Melinda Febrianti S.IP
Date Deposited: 01 May 2025 12:58
Last Modified: 01 May 2025 12:58
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9233

Actions (login required)

View Item
View Item