Pengaruh Kualitas Pelayanan Bellboy terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Grand Rocky Bukittinggi

Pratama, Randy (2017) Pengaruh Kualitas Pelayanan Bellboy terhadap Kepuasan Tamu di Hotel Grand Rocky Bukittinggi. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_04_RANDY_PRATAMA_1206337_4162_2017.pdf] Text
B1_04_RANDY_PRATAMA_1206337_4162_2017.pdf

Download (218kB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari hasil observasi dan pengamatan peneliti sewaktu melaksanakan kegiatan praktek lapangan industri di Hotel Grand Rocky Bukittinggi, bahwa adanya ketidakpuasan tamu terhadap kualitas pelayanan bellboy dalam melayani tamu, seperti adanya perbedaan pelayanan karyawan bellboy yang dirasakan oleh tamu karena lebih mendahulukan tamu yang sering memberikan uang tips, ketidaksigapan bellboy dalam melayani tamu grup dan lambatnya bellboy dalam memberikan pelayanan mengantarkan barang. Berdasarkan permasalahan di atas penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan bellboy terhadap kepuasan tamu di Hotel Grand Rocky Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan metode assosiatif kausal yang bertujuan untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel Kualitas Pelayanan (X) Terhadap Kepuasan Tamu (Y). Populasi dalam penelitian ini adalah tamu yang datang ke Hotel Grand Rocky Bukittinggi. Jumlah sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang diambil menggunakan teknik purposive sampling yaitu dengan mempertimbangkan tamu yang menginap minimal 1 kali di Hotel Grand Rocky Bukittinggi dan membatasi umurnya. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner dan mengunakan skala likert yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis dengan uji regresi linear dengan bantuan Program Komputer SPSS versi 16.00. Hasil penelitian menemukan bahwa secara keseluruhan kualitas pelayanan bellboy di Hotel Grand Rocky Bukittinggi 57% menyatakan kurang baik dan kepuasan tamu di Hotel Grand Rocky Bukittinggi 86% menyatakan kurang baik, pengaruh kualitas pelayanan bellboy terhadap kepuasan tamu di Hotel Grand Rocky Bukittinggi sebesar 34% sedangkan 66% dipengaruhi oleh faktor lain yaitu kualitas produk, harga, emosional faktor dan biaya.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Tamu, Bellboy
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
Divisions: Fakultas Pariwisata dan Perhotelan > Manajemen Perhotelan-D4
Depositing User: FAUZZIYAH FAUZZIYAH
Date Deposited: 01 May 2025 12:52
Last Modified: 01 May 2025 12:52
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9212

Actions (login required)

View Item
View Item