Upaya Peningkatan Penggunaan Uang melalui Metode Bermain Peran bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D5C di SLB / C Payakumbuh

Sublafitri, Harkat (2012) Upaya Peningkatan Penggunaan Uang melalui Metode Bermain Peran bagi Anak Tunagrahita Ringan Kelas D5C di SLB / C Payakumbuh. Bachelor/Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[thumbnail of B1_2_HARKAT_SUBLAFITRI_58480_2505_2012.pdf] Text
B1_2_HARKAT_SUBLAFITRI_58480_2505_2012.pdf

Download (530kB)

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi karena siswa mengalami kesulitan dalam masalah penggunaan uang, dalam berbelanja siswa tidak mengetahui berapa jumlah uangnya dan harga yang dibelinya serta sisa uang belanja, siswa pasif dalam belajar dan hasil belajar siswa rendah, Metode yang digunakan selama ini kurang menarik minat siswa untuk belajar, sehingga peneliti mencoba dengan menggunakan metode bermain peran dalam penggunaan uang. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penggunaan uang di kelas D5C di SLB/C Payakumbuh.Penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, yang dilakukan dalam bentuk kalaborasi dengan teman sejawat, subjek penelitian ini adalah 3 orang anak Tunagralita Ringan Kelas D5C di SLB /C Payakumbuh.Pelaksanaan penelitian di lakukan dalam bentuk siklus I dan siklus II, dengan kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Bermain peran, Metode bermain peran merupakan pembelajaran yang diupayakan agar dapat membina interaksi antar siswa sehingga kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor siswa dapat dikembangkan dengan baik. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan metode bermain peran dapat meningkatkan kemampuan penggunaan uang dari hasil belajar siswa kelas D5 di SLB/ C Payakumbuh.Hasil evaluasi yang telah dilakukan oleh siswa pada siklus I prosentase yang diperoleh DH 58%, AH 50% dan NM 50%.Sehingga prosentase klasikal yang diperoleh siswa 56%.Dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan persentase yang diperoleh DH 100%, AH 80%, NM 70%.Sehingga prosentase klasikal yang diperoleh siswa meningkatkan menjadi 83%.Dan meneliti menyarankan kepada guru, agar dapat menggunakan metode bermain peran dalam pembelajaran di sekolah.Karena metode bermain peran dapat membangkitkan siswa untuk pembelajaran aktif dan menyenangkan serta meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Bachelor/Skripsi)
Uncontrolled Keywords: METODE BERMAIN PERAN, ANAK TUNAGRAHITA RINGAN
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa-S1
Depositing User: Fitri Yelli S.Sos
Date Deposited: 01 May 2025 12:51
Last Modified: 01 May 2025 12:51
URI: https://repository.unp.ac.id/id/eprint/9209

Actions (login required)

View Item
View Item